Thursday, March 31, 2011

Merawat Laptop (Laptop Maintaining)

Perawatan PC lebih mudah dari perawatan laptop, karena laptop lebih bersifat sensitif. Berikut adalah tips untuk perawatan laptop.

1. permukaan Datar
Ketika menggunakan laptop lebih baik dalam permukaan datar agar sirkulasi udara pendingin laptop berjalan dengan lancar. Bila lubang pembuangan udara panas laptop tidak berjalan dengan baik maka komponen dalam laptop akan cepat panas. Hinadri pemakaian di atas tempat tidur dan gunakan fan agar suhu laptop lebih dingin



2.Charging Awal Laptop Baru


Laptop yang baru disarankana di charge lebih lama (6-8 jam) hal tersebut dilakuan agar daya tahan baterai laptop bertahan lebih maksimal.






3. Gunakan UPS
Saat menggunakan laptop sedang tidak mobile maka gunakan UPS dan lepas baterai  agar umur baterai lebih berumur panjang.

4. Menguras isi Baterai

Jika daya tahan baterai sudah mulai lemah, kuras isi baterai.Carnya gunakan laptop hingga benar-benar mati (standby), dan biarkan proses standby hingga baterai tidak memiliki daya listrik. Setelah itu charge baterai hingga penuh. Proses ini bertujuan untuk ion-ion baterai bekerja pada level low dan full. Lakuan sebulan sekali terutama bila kita sering menggunakan laptop saat di-charge.



5. Pegang laptop  dengan benar
Jangan memegang laptop bagian LCD, karena hal dapat menyebabkan pecahnya cairan LCD.

6. Memangku laptop
Tidak disarankan untuk mengunakan laptop dengan cara memangku , cara ini dapat membuat kita terkena radiasi elektromagnetik dari laptop, dan pembuangan panas laptop akan terhambat seperti penjelasan dari tips pertama  diatas..







7. Tas pelindung laptop
Menggunakan pelindung laptop dianjurkan karena dapat melindungi bagian luar laptop tetapi tidak dianjurkan menggunakan laptop dengan tas pelindung karena dapat menyebakan laptop menjadi sangat panas karena sirkulasi udara terhambat.



No comments:

Post a Comment