Wednesday, April 27, 2011

Cara Melakukan Pengereman ABS

Dengan adanya fitur ABS, memang bisa membuat jarak pengereman menjadi lebih pendek. Namun bukan itu intinya. Inti dari penggunaan fitur ABS adalah, untuk mengurangi gejala roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak (hard braking). Apalagi jika ditambah dengan kondisi permukaan jalan yang basah.

Untuk mengoperasikan fitur ABS bekerja maksimal, saat melakukan pengereman, pengemudi harus menginjak pedal rem sekuat tenaga. Pada kondisi ini, pedal rem akan terasa bergetar. Jangan salah paham, inilah tandanya fitur ABS sedang bekerja. 



Sedangkan untuk sistem rem yang belum menggunakan ABS, justru kebalikannya. Pengemudi tidak boleh menginjak pedal rem kuat-kuat. Efeknya, roda akan mengunci dan laju mobil sulit untuk diarahkan. Triknya, coba injak pedal rem berulang kali dengan cepat (seperti dikocok), agar kerja rem seakan-akan menggunakan fitur ABS.

Memang cara tersebut tidak seefektif jika menggunakan fitur ABS. Saran kami, sebaiknya Anda mengeluarkan dana lebih mahal, untuk membeli mobil yang sudah memiliki fitur ABS, ketimbang nyawa Anda dan keluarga yang menjadi taruhannya.  


sumber:otomotifnet.com

No comments:

Post a Comment