Saturday, January 26, 2013

Kelahiran 26 Januari (Akio Morita)

[UNIKNYA.COM] Akio Morita (lahir 26 Januari 1921 – meninggal 3 Oktober 1999 pada umur 78 tahun) adalah pelopor berdirinya Sony Corporation. Ia berasal dari sebuah keluarga pengusaha bir sake. Keluarga Morita menekuni usaha pembuatan bir selama hampir 400 tahun di kota Tokoname, dekat Nagoya.

Di bawah pantauan ayahnya, Kyuzaemon, Akio dipersiapkan untuk menjadi pewaris bisnis keluarga. Sebagai mahasiswa, Akio sering dilibatkan dalam rapat perusahaan dengan ayahnya dan ia membantu bisnis keluarga bahkan pada liburan sekolah.

 

(Sumber:wordpress.com)

Akio Morita(Sumber:wordpress.com)

 

Pada tahun 1960, Sony Corporation of America didirikan di Amerika Serikat. Morita memutuskan untuk pindah ke AS bersama keluarganya dan memimpin untuk membuat pangsa pasar baru bagi perusahaan. Dia percaya bahwa Sony harus mengembangkan distribusi penjualan sendiri secara langsung, bukan mengandalkan dealer lokal.

Banyak produk yang telah diluncurkan sepanjang sejarah Sony dapat dikatakan bahwa itu semua berkat kreativitas dan ide-ide inovatif dari Morita. Ide-idenya melahirkan gaya hidup yang sama sekali baru, dan ini jelas terlihat dari produk-produk seperti Walkman dan perekam kaset video.

Morita adalah orang Jepang pertama yang dianugerahi Medali Albert dari United Kingdom’s Royal Society of Arts pada tahun 1982. Pada tahun 1984, ia menerima penghargaan dari National Order of the Legion of Honor (Ordre National de la Légion d’Honneur), yang tertinggi dan paling bergengsi dari Perancis.

(Sumber:wordpress.com)

Akio Morita(Sumber:wordpress.com)

 

Pada tahun 1991, ia dianugerahi Penghargaan First Class Order of the Sacred Treasure dari Kaisar Jepang. Selain itu, Morita menerima sejumlah penghargaan dari negara-negara seperti Austria, Belgia, Brasil, Jerman, Spanyol, Belanda, dan Amerika Serikat.

Sumber : Wikipedia.org, uniknya.com, Januari 2013

uniknya.com 26 Jan, 2013


-
Source: http://uniknya.com/2013/01/26/kelahiran-26-januari-akio-morita/
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment