Saturday, January 26, 2013

5 CEO Wanita Terbaik di Amerika

Oleh: Zaenal Abidin

[UNIKNYA.COM]: CEO (chief executive officer) atau yang sering kita kenal dengan direktur adalah seorang pejabat eksekutif tertinggi dalam suatu perusahaan. Tugas mereka bisa luas atau terbatas dan biasanya diutamakan dalam delegasi otoritas formal, umumnya mereka bertugas sebagai seorang komunikator, pengambil keputusan, pemimpin, pengelola (manajer), dan eksekutor. Seorang CEO tidak mengenal jenis kelamin pria atau wanita, bahkan beberapa perusahan besar dipimpin oleh seorang CEO wanita. Hal ini terjadi di Amerika dimana beberapa wanita menjabat sebagai seorang CEO dan perusahaan yang mereka pimpin terhitung sukses. Berikut uniknya.com merangkum 5 CEO Wanita Terbaik di Amerika:

 

1. Ursula Burns

(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Ursula Burns(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

Ursula Burns merupakan CEO dari perusahaan elektronik, Xerox. Insinyur mekanik dengan gelar master ini memimpin Xerox sejak tahun 2009 lalu setelah sebelumnya ia menjabat sebagai wakil presiden senior SDM. Wanita berusia 53 tahun ini memiliki banyak pengalaman dalam dunia bisnis, berkat keahliannya memimpin perusahaan, beberapa perusahaan penyedia jasa terutama dalam bidang percetakan berhasil ia akuisisi walaupun harus mengeluarkan milyaran dollar. Berkat keberaniannya mengakuisisi beberapa perusahaan percetakan, kini ia memanfaatkan hasilnya dengan meningkatnya penjualan produk kertas dan printer milik Xerox.

 

2. Meg Whitman

(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Ursula Burns (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

Mantan CEO perusahaan jual beli online terbesar eBay, Meg Withman saat ini beralih memimpin perusahaan laptop ternama, Hewlett-Packard (HP). Berkat prestasinya memimpin eBay, strategi marketing yang diterapkan untuk penjualan perangkat merk HP pun juga meningkat. Keberaniannya mengakuisisi perusahaan Compaq menjadi langkah awal kesuksesannya, produk gabungan HP Compaq laku keras dipasaran saat pertama kali di produksi. Saat ini Whitman yang telah berusia 55 tahun mengaku ingin fokus pada merk dagang utamanya, HP-Compaq.

 

3. Virginia Rometty

(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Virginia Rometty(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

Virginia Rometty memimpin IBM setelah CEO sebelumnya, Samuel Palmisano mengundurkan diri pada umur 60 tahun. Rometty sendiri adalah seorang ahli komputer yang mempunyai gelar master komputer dan teknik elektro di Northwetern. Akuisisi terbesarnya adalah pembelian perusahaan konsultasi manajemen terbesar, Pricewaterhouse Cooper. Sejak tahun 1911 IBM dipimpin oleh CEO pria, kehadiran Rometty membawa sensasi baru dalam perusahaan. Saat ini Rometty memimpin perusahaan dengan lebih dari 3250.000 karyawan.

 

4. Ann Livermore,

(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Ann Livermore,(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

Ann merupakan salah satu CEO terbaik yang pernah dimiliki oleh HP. Wanita yang memiliki pengalaman bertahun -tahun dalam membangun jaringan bisnis HP ini saat ini menjabat sebagai direktur UPS. Beberapa perusahaan yang sukses ia pimpin diantaranya Carly Fiorina, Mark Hurd dan Leo Apotheker. Salah satu keputusan berani yang pernah ia ambil adalah pembelian perusahaan Electronic Data System seharga $ 13.900.000.000 pada tahun 2008. Setelah keluar dari perusahaan HP, banyak perusahaan lain menawarkan posisi tertinggi untuk Ann.

 

5.Stephanie DiMarco

(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Stephanie DiMarco (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

DiMarco mendirikan dan memimpin perusahaan Advent Software, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di San Fransisco. Ia mendirikan perusahaannya pada tahun 1983 dengan saham miliknya sendiri. Berkat beberapa produknya yang mengena di hati konsumen, penjualan software nya pun meningkat drastis hingga saat ini. Beberapa perusahaan yang lebih besar mencoba untuk mengakuisisi perusahaannya, namun DiMarco selalu menolak semua tawaran.(**)

 

Sumber: Berbagai sumber uniknya.com, Januari 2013

uniknya.com 26 Jan, 2013


-
Source: http://uniknya.com/2013/01/26/5-ceo-wanita-terbaik-di-amerika/
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment