Tuesday, August 16, 2011

Air Maintenance Technology (AMT) Sistem Pemelihara Tekanan Angin Ban dari Goodyear



MEMELIHARA tekanan angin ban sesuai dengan kebutuhan dapat meningkatkan usia ban dan menghemat bahan bakar. Sayangnya pemilik kendaraan hanya memeriksakan ban saat berkendara jarak jauh saja.

Produsen ban Goodyear saat ini tengah mengembangkan alat yang selalu menjaga tekanan ban secara otomatis pada tekanan yang tepat. Alat ini diberi nama Goodyear's Air Maintenance Technology (AMT).

Seluruh perangat elektronik dan komponen mekanis ada di dalam ban itu sendiri, sementara sedangkan dayanya diambil dari gerakan putaran roda. AMT memonitor tekanan udara di setiap ban dan menggunakan pompa mini mengambil udara yang diperlukan.

Goodyear tidak menyebutkan apakah sistem ini dapat mengurangi tekanan udara ketika ban menjadi panas dan kelebihan tekanan. Goodyear juga tidak menjelaskan kapan AMT dapat tersedia untuk keperluan komersial alias dijual bebas.

Namun mereka menyatakan bahwa penelitian telah dipercepat dan merebut dua penghargaan. Pekan ini, kantor departemen energi bidang teknologi kendaraan memberikan penghargaan US$1,5 juta untuk mengembangkan AMT di ban truk komersial.

Hibah lainnya diperoleh Goodyear bulan lalu dari pemerintah Luxembourgh untuk pengembangan kendaraan konsumen.

Meskipun sudah ada sejumlah sistem pemompa ban otomatis, sebagian besar belum sepenuhnya berada di dalam ban dan menggunakan ban itu sendiri untuk memperoleh tenaganya. Kecuali satu SIT system yang dikembangkan oleh CODA.

Mereka memanfaatkan pompa peristaltic yang ada di dalam ban untuk terus menjaga ban kehilangan tekanannya. (OL-07)

sumber: mediaindonesia.com

No comments:

Post a Comment