Tuesday, August 16, 2011

7 Cara Mencegah Mabuk Perjalanan



Berakhirnya masa liburan membuat banyak orang melakukan perjalanan jauh untuk kembali kepada aktivitas mereka masing-masing. Ketika mabuk melanda, setiap orang akan berusaha keras mencari cara mengatasi perasaan mual yang sangatlah menggangu. Berikut adalah 7 cara untuk mencegah mabuk di perjalanan.

1. Minum Antimo


Banyak orang yang mengkonsumsi obat anti mabuk yang pada akhirnya merasakan beberapa dampak yang menakjubkan. Kebanyakan mereka yang mengkonsumsi obat ini tidak merasakan sakit sama sekali sepanjang perjalanan. Di sisi lain, perasaan ngantuk yang melanda akan membuat orang mengantuk dan akhirnya tertidur selama melakukan perjalanan. Banyak orang yang memilih untuk mengantuk daripada harus merasakan mual sepanjang perjalanan.


2. Pertahankan Mata Anda Untuk Memandang Cakrawala


Tips ini seperti mengikuti garis cakrawala yang tampak dari dalam mobil. Dengan melihat jalan di depan Anda sepertinya dapat berhasil dengan baik untuk mengendalikan rasa mual, apakah Anda sedang berada di dalam kendaraan maupun alat transportasi bergerak lainnya. Dengan terus melihat jalan, Anda akan terbantu untuk mengetahui kapan mobil akan berbelok dan ke arah mana. Sehingga Anda dapat menjaga tubuh Anda tetap dalam posisi yang dapat mencegah perut Anda terdorong ke segala arah secara tidak sadar.


3. Jangan Membaca Saat Bepergian Melewati Jalan Berliku


Hanya dengan melirik majalah ataupun buku selama beberapa detik dapat membuat Anda merasa mual. Sama halnya jika Anda bepergian dengan perahu sambil memegang peta untuk mencari arah. Membaca akan membuat Anda benar-benar merasa mual saat sedang berada di dalam kendaraan yang bergerak.


4. Mengisap Permen Peppermint


Kecuali Anda dapat membuat sendiri secangkit teh mint, mengisap permen peppermint merupakan hal terbaik berikutnya. Dengan mengisap permen pedas benar-benar sangat membantu untuk mengurangi rasa mual akibat mabuk perjalanan.


5. Mengunyah Manisan Jahe


Jahe dengan sendirinya akan menyelesaikan sebagian besar masalah perut. Daripada mengunyah jahe yang pahit, lebih baik kunyahlah jahe dalam bentuk manisan maupun permen jahe yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di warung-warung sekitar tempat tinggal Anda.


6. Duduk Di Kursi Depan Kendaraan


Kebanyaan orang merasa mual saat harus duduk di bangku belakang mobil, tidak peduli siapa yang mengemudi. Untuk menghindari mabuk, banyak orang yang memilih untuk menyetir kendaraan sendiri atau duduk di kursi depan kendaraan. Hal ini juga sangat membantu untuk mengurangi rasa mual akibat mabuk perjalanan.


7. Miliki Sirkulasi Udara Sebanyak Mungkin


Bukalah jendela atau memutar AC ke posisi “cool” untuk memungkinkan udara beredar dengan cepat melewati Anda. Seringkali yang Anda perlukan hanyalah mengubah udara pengap yang berada di dalam kendaraan untuk membuat Anda merasa lebih baik ketika perasaan mual mulai melanda perut Anda.


Semoga ketujuh tips ini dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa mabuk di perjalanan. Jika Anda memiliki tips ampuh tersendiri, silahkan berbagi dengan kami.

sumber:: jawaban.com

No comments:

Post a Comment