Thursday, August 18, 2011

Sehatkan Tubuh dan Pikiran Jalani Puasa



BAGI umat muslim, berpuasa satu bulan lamanya dipercaya akan membuahkan hasil manis. Tak hanya akan mendapatkan pahala, dengan berpuasa insya Allah tubuh pun akan menjadi sehat. Bagaimana cara menjalani puasa agar sehat lahir batin?

1. Persiapkan mental
Untuk mempersiapkan diri, jangan lupa berdoa meminta kekuatan selama berpuasa.

Siapkan pikiran dan semangat untuk berpuasa. Pikirkanlah tentang maksud dan tujuan puasa dalam Alquran supaya kita paham apa yang akan diperoleh dari usaha ini.

2. Puasa bagi ibu hamil
Hubungi dokter jika gerakan-gerakan bayi berubah ketika berpuasa saat hamil. Situs The Baby Center menyarankan bahwa pada kehamilan terutama bila dikombinasikan dengan bekerja yang rentan dengan stress, disarankan agar ibu tidak memaksakan diri. Bila mengalami pusing, penglihatan sakit atau kabur, segeralah berbuka lalu kunjungi dokter. Hindari kegiatan berlebihan selama puasa dan beristirahat ekstra untuk membuat segalanya lebih mudah.

3. Persiapkan tubuh
Kurangi asupan kopi seminggu sebelum puasa untuk menghindari gejala kecanduan. Makan dengan dengan menu seimbang sebelum melakukan puasa untuk mempersiapkan tubuh. Disarankan makan makanan tinggi karbohidrat sebelum berpuasa karena zat tersebut terikat dengan air dalam menyediakan sumber energi bagi tubuh. Hindari minuman tinggi kafein karena bisa menyebabkan sakit kepala dan mual.

4. Makan bertahap
Berbuka puasa dengan jus buah dilanjutkan dengan makanan padat. Bebukalah dengan makanan yang mudah dicerna seperti buah dan minuman manis hangat. Setelah diselingi salat Magrib, makanlah makanan dengan menu seimbang disertai minum banyak air. (Pri/OL-06)

sumber: mediaindonesia.com

No comments:

Post a Comment