Saturday, April 9, 2011

Cara Mengatasi Baret Depan Wiper Mobil

BAGI para pemilik mobil yang kreatif, biasanya mereka mengerjakan sendiri urusan perawatan kendaraan, mulai dari mencuci hingga ganti oli. Bahkan mereka rela mengerjakan sendiri upaya untuk menghilangkan jamur di kaca kendaraan kesayangannya.

Untuk kendaraan yng tergolong masih baru, upaya menghilangkan jamur di kaca umumnya lancar-lancar saja. Namun bagi kendaraan yang tergolong tua, kadang timbul masalah lain setelah jamur berhasil dilenyapkan. Biasanya masalah itu berupa semakin jelasnya baret bekas sapuan wiper.




tags

Baret-baret bekas sapuan wiper ini semakin terasa mengganggu saat kita berkendara di malam hari ketika berpapasan dengan kendaraan lain. Sinar lampu mobil lawan akan membuat silau pandangan akibat cahaya tersebut membias membentuk pola tertentu di kaca depan.

Untuk menghilangkan efek ini secara permanen memang sulit. Membawa ke bengkel kaca untuk menghilangkan baret tersebut juga berisiko mengikis lapisan luar. Bahkan jika ditangani oleh personil yang minim pengalaman, akan mengundang risiko pecahnya kaca depan. Sementara untuk mengganti kaca juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sebenarnya masalah ini bisa diatasi sementara dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dengan memanfaatkan wax untuk poles cat mobil. Pengaplikasiannya pun tidak memerlukan peralatan dan perlakuan khusus.

Pertama, siapkan dulu pasta pemoles cat, bahan kain halus seperti kaus katun, spons dan sikat sepatu halus. Cucilah mobil kemudian keringkan dengan lap chamois hingga seluruhnya kering. Jangan lupa, mengerjakannya di ruang yang tidak terkena sinar matahari untuk mencegah timbulnya flek-flek baru di bodi dan kaca.

Oleskan pasta pemoles cat secukupnya pada permukaan spons kemudian oleskan secara merata pada permukaan kaca depan yang baret. Aplikasikan keseluruh permukaan hingga merata. Setelah itu gunakan kain lembut untuk membersihkan pasta tersebut dengan gerakan memutar hingga tersapu bersih.

Setelah tidak ada lagi sisa-sisa wax di kaca, giliran sikat sepatu mengambil peran untuk membersihkan sisa-sisa wax di celah-celah yang tidak terjangkau oleh kain tadi. Gunakan kembali kain halus untuk membersihkan sisa-sisa terakhir yang masih tertinggal.

Jangan lupa, jika karet wiper kaca kendaraan telah kehilangan kelenturannya, sebaiknya ganti dengan yang baru. Selamat mencoba.

Sumber: mediaindonesia.com

No comments:

Post a Comment