Wednesday, May 8, 2013

Pemkot bangun drainase di bawah jalan senilai Rp 40 M

LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana membangun box tunnel draninase senilai Rp 40 miliar di kawasan jalan Bondowoso. Rencana pembangunan drainase di bawah jalan dengan model siksak tersebut diharapkan bisa mengatasi banjir di berbagai titik di kawasan Klojen, Kota Malang.

Menurut Kepada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan Pemkot Malang, Djarot Edi Sulistyono, program box tunnel itu akan dibiyai dengan anggaran dari APBD 2013. “Panjang drainase bawah tanah itu 1,312 kilometer,”  jelas dia, Rabu (8/5/2013).

Baca juga: Survei LaPoRa FISIP UB menangkan pasangan AJI dan Wow, 47 persen anak alami kekerasan

Drainase tersebut kata dia, akan melintasi tiga jalan. Di antaranya, Jalan Bondowoso-Jalan Galunggung-Tidar-hingga Kali Metro. Dia sangat optimistis pembangunan drainase tersebut mampu mengatasi persoalan banjir yang terjadi selama ini di kawasan Klojen.

Alasannya, selain menggunakan teknologi canggih, perencanaannya melalui kajian mendalam. Bahkan, melibatkan para akademisi. Program ini dikatakan Djarot merupakan pilot project di Kota Malang. Sebab, drainase tersebut dibangun dengan kedalaman 14 meter di atas permukaan tanah.

Sementara di atas drainase tersebut merupakan jalan umum. “Pembangunannya sekitar 6 bulan. Itu akan menggunakan sistem bor tanah. Pelaksanaan pembangunanya seperti itu agar tidak mengganggu fasilitas publik,” tegasnya.

Karena itu, papar dia, DPU sudah mulai menyusun Design Engineering Detail (DED). Menurut dia, DED itu nanti akan dilakukan lelang secara on line. Sehingga, pembangunan drainase itu bisa tuntas akhir tahun 2013 ini.

Karena dia berharap pembangunan draenase bawah tanah ini bisa efektif mengurangi banjir. Sehingga, kedepannya bisa dikembangkan di kawasan lainnya, seperti di kawasan Soekarno-Hatta yang selama ini menjadi salah satu titik pusat banjir di Kota Malang. @aji dewa roisky

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 08 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/08/pemkot-bangun-drainase-di-bawah-jalan-senilai-rp-40-m.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment