Seringkali dalam berbelanja, orang membeli sebuah produk tidak tergantung pada kualitas barangnya semata. Sikap ramah pelayan, suasana nyaman yang dihadirkan pemilik usaha juga memberikan pengaruh yang besar bagi pembeli untuk betah berlama-lama memilih barangnya hingga akhirnya memutuskan untuk membeli. Bahkan tidak jarang bagi pembeli yang puas akhirnya menjadi pelanggan yang setia. Lalu jurus jitu apa yang bisa dilakukan untuk membuat pembeli menjadi pelanggan yang loyal?
Seseorang akan tertarik membeli suatu produk tergantung dari kebutuhan dasarnya. Misalnya saja jika ia ingin membeli baju maka biasanya yang paling diperhatikan adalah kualitas bahan, design atau gayanya yang bagus. Sementara apa yang dilakukan para penjual dengan memberikan minuman atau camilan seperti manisan hanyalah suatu bentuk pelayanan atau servis agar konsumen atau pembeli merasa lebih senang sehingga tertarik untuk membeli dan menjadi pelanggan yang selalu setia untuk datang.
Pada dasarnya proses pelayanan adalah dimulai dari sapaan, tatapan mata, intonasi, volume, dan bagaimana cara pemilik usaha mendengarkan dan memberikan pelayanan kepada calon pembelinya. Namun demikian yang paling penting adalah kualitas barang-barang yang dijual. Dengan memberikan produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konsumen maka kita sudah dapat memberikan pelayanan maksimal sebesar 75 persen, sementara masalah kemasan hanya sebesar 25 persen dari total semua pelayanan yang diberikan.
Sementara untuk masalah sikap dan perilaku pelayanan sulit untuk dilakukan identifikasi besarannya sebab hal itu sesuatu yang subyektif dan tidak ada standar bakunya. Namun demikian, sikap yang baik akan mendorong sukses tidaknya seorang calon pelanggan mau melirik produk yang ditawarkan. (*/dari berbagai sumber)
andri@ciputraentrepreneurship.com (Andri Setyawan) 31 Jan, 2013
-
Source: http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/22111-sikap-ramah-kunci-sukses-dalam-penjualan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
No comments:
Post a Comment