Saturday, February 2, 2013

Keunikan Tanah Sebagai Aset Investasi

tanah_kavlingDalam konsep ekonomi, tanah memiliki nilai investasi yang menarik. Karakteristiknya yang unik membuat tanah merupakan aset investasi yang berbeda dengan aset investasi lain. Ciri khas unik dari tanah sebagai aset investasi antara lain sebagai berikut.

1. Setiap persil tanah mengandung komposisi yang unik berdasarkan lokasinya masing-masing. Lokasi juga merupakan ciri khas yang menentukan nilai tanah, karena tidak dapat dipindahkan ke posisi lain.
2. Tanah memerlukan pengembangan agar menjadi lebih produktif.
3. Tanah dapat digunakan berulang kali dalam waktu yang lama, dan memerlukan berbagai keahlian untuk mengoperasikannya untuk tujuan investasi.
4. Jumlah tanah atau lahan itu terbatas dan tidak ada data formal atasnya, sehingga tanpa penelitian, kita akan kesulitan mendapatkan informasi yang kita perlukan.
5. Tanah sangat berguna bagi masyarakat, namun tidak ada pasar formal seperti Bursa Real Estate atau Pasar Kondominium, baik untuk pertukaran maupun jual beli.
6. Masyarakat umumnya tidak mengetahui banyak tentang penjualan properti dan tanah, dan bahkan sangat sedikit mengetahui mengenai negosiasi yang sedang berlangsung.
7. Untuk mendukung pasar pertanahan, diperlukan sistem pendanaan dengan jumlah yang besar dan susunan anggaran yang kompleks.
8. Adanya kesenjangan waktu yang panjang antara keputusan rencana pengembangan dengan penjualan tanah, memungkinkan banyak terjadinya penyimpangan atas rencana pengembangan yang telah dibuat.
9. Secara relatif, tanah tidak bisa dibagi sehingga agak sulit untuk membelinya sesuai dengan ukuran yang kita butuhkan, dan biasanya kita harus membelinya secara utuh/keseluruhan. (*/rumahdanproperti)

andri@ciputraentrepreneurship.com (Andri Setyawan) 02 Feb, 2013


-
Source: http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/182-investasi/7032-keunikan-tanah-sebagai-aset-investasi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment