Wednesday, January 30, 2013

5 Tips Agar Bisnis Anda Menggurita

ekspansi bisnis0412

Persoalan modal merupakan hal mendasar jika Anda ingin memulai usaha. Tidak bisa dipungkiri, untuk menjalankan bisnis dibutuhkan pendanaan.

Jumlahnya sangat tergantung dengan skala bisnis yang dijalankan.  Meski demikian, modal tidak akan berarti tanpa perencanaan yang matang.

Berikut sejumlah langkah yang patut diperhatikan untuk memulai bisnis Anda agar berkembang seperti dilansir Beritasatu.com:

1. Melakukan brainstorming dengan seseroang yang kompeten di bidangnya, seperti pengusaha yang sesudah bertahun-tahun berkecimpung atau konsultan keuangan. Bisa juga dilakukan dengan sesama teman yang memahami soal bidang bisnis Anda.

2. Melakukan riset kecil-kecilan terkait hal-hal yang berhubungan dengan bidang bisnis yang ingin Anda geluti. Hal ini bisa menggunakan data terkini sektor industri bisnis tersebut, atau laporan keuangan perusahaan sejenis di sektor tersebut.

Sebagai contoh jika Anda ingin memulai bisnis restoran, maka Anda melakukan riset terhadap industri restoran serta perusahaan sejenis yang akan menjadi kompetitor bisnis Anda.

3. Catat dan cetak hal-hal penting dalam secarik kertas yang secara visual menarik dan mudah dibaca. Menyusun file penting serta menyertakan materi promosi untuk diajukan rencana bisnis Anda kepada orang lain.

4. Hal-hal mendasar dalam merencanakan bisnis agar cepat menggurita adalah menetapkan visi dan misi. Dari situ, Anda harus menyusun strategi pemasaran dan penjualan, analis sektor industri, analis SWOT (strength, weakness, oppurtunities and threats), kompetensi, proyeksi keuangan dan profil manajemen.

5. Anda bisa menentukan kesimpulan dan proyeksi ke depan. Hal ini bisa dilakukan secara sederhana, termasuk potensi keuangan dan potensi kerugian.  

andri@ciputraentrepreneurship.com (Andri Setyawan) 30 Jan, 2013


-
Source: http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/22107-5-tips-agar-bisnis-anda-menggurita.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment