Wednesday, April 20, 2011

Apple Tuding Samsung Curi Desain

PERSAINGAN di bisnis komputer tablet telah memicu saling jiplak desain. Seperti halnya perseteruan antara Apple dengan Samsung. Apple menuduh Samsung menjiplak disain iPad maupun iPhone.

Laporan The Wall Street Journal menyebutkan perusahaan milik Steve Jobs itu telah mengajukan gugatan terhadap Samsung, terutama untuk hak paten dan pelanggaran merek dagang.


Sejak Apple merajai pasaran tablet dan ponsel pintar di Amerika dengan iPad dan iPod, produk tersebut nyaris tak terbendung. Sementara pesaing beratnya adalah produk tablet dan ponsel pintar dengan sistem operasional Android.

Kini Apple dibuat gusar setelah Samsung mengeluarkan serial Galaxy yang desain, perangkat keras, maupun fitur antarmuka terlalu mirip dengan iDevices milik Apple.

''Bukan suatu kebetulan bahwa produk Samsung terbaru mirip sekali dengan iPhone dan iPad. Dari bentuk perangkat keras, untuk antarmuka maupun kemasan hampir sama,'' kata seorang perwakilan Apple dalam pernyataannya.

Apple melihat Samsung secara terang-terangan menyalin produk Apple. ''Kami perlu melindungi kekayaan intelektual Apple, ketika ada perusahaan lain mencuri ide-ide kami,'' imbuhnya.

Belum lama ini Samsung akan melepas Galaxy Tab 10,1. Disebutkan desain Galaxy Tab terbaru ini lebih tipis 0,33 inci. Ketipisan ini juga menjadi ciri khas iPad 2. Banyak konsumen menyebutkan seri Galaxy Tab mirip dengan iPad. (Nda/OL-06)

No comments:

Post a Comment