Tuesday, April 19, 2011

Sejarah FourSquare

TANGGAL 16 April merupakan hari jadi Foursquare ke-3. Jejaring sosial yang didirikan Naveen Selvadurai dan Dennis Crowley ini, telah memiliki 8 juta pengguna. 

Nama Foursquare diambil dari empat persegi atau 16, sebuah tempat di Nate Bonilla-Warford, Tampa, Florida, sebuah tempat liburan yang menjadi basis lokasi lahirnya Foursquare. 

Selvadurai menjelaskan, sesungguhnya ide lahirnya aplikasi Foursquare di sebuah lokasi kecil di South, saat kedua pendiri jejaring sosial ini menghadiri festival musik Southwest. Namun kemudian nama Foursuquare baru ditemukan di Tampa, saat mereka berlibur ke daerah tersebut.  


Aplikasi itu kemudian berkembang cukup pesat. Data grafik menunjukkan setiap hari ada 35 ribu orang bergabung ke Foursquare. Para pengguna bisa check in ke tempat-tempat yang direkomendasikan teman-teman. 

''Saya dan Dennis punya ide serupa, misalnya kemana kita pergi hari ini? Bagaimana kita menemukan tempat baru? Lalu bagaimana kita menyimpan data tempat-tempat itu ke DOS? Pada saat itu Dennis yang bekerja di mekanik, membawa permainan semacam itu ke dunia nyata,'' ujar Selvadurai mengawali perbincangan. 

Dari permainan itu, kedua orang ini terus bermain-main dengan ide, dan membandingkan catatan. Perlu 1,5 tahun kedua orang ini membahas lahirnya Foursquare. 

Kemudian keduanya membuat prototipe pertama pada Juni 2008. Setahun kemudian mereka meluncurkan produk tersebut di SXSW. Rupa-rupanya banyak orang yang merespons temuan Dennis dan Selvadurai. 

Tepatnya 6 bulan kemudian produk tersebut dijadikan aplikasi. ''Kami  harus rajin menabung untuk bisa menggaji karyawan pertama kami, saat aplikasi itu diluncurkan 2009 pada saat musim panas,'' terang Selvadurai. 

Saat aplikasi ini meluncur di pasaran, tidak sedikit pengguna menanyakan bagaimana cara memakainya. Baik orang tua atau anak muda, Foursquare bisa memberikan layanan sesuai dengan umur pengguna. 

''Pastinya Foursquare berbeda dengan Google Latitude atau Loopt yang mengintai Anda kemana pergi. Foursquare hanya memberikan layanan kepada pengguna, tempat-tempat mana saja yang cukup favorit di kota Anda.'' 

Selvadurai memberikan contoh kedai kopi terbaik di kota Anda ada dimana? Tempat hangout terbaik di mana dan sebagainya. Bahkan teman-teman yang tergabung ke Foursquare bisa berbagi rekomendasi dimana saja tempat terbaik. 

Bahkan perkembangan terkini Foursquare tidak hanya sekadar check in saja. Ada juga aplikasi untuk mengunduh foto. ''Banyak pengguna yang benar-benar fotogenik. Dan kini para pengguna pun membuat Foursquare Day,'' ucap Selvadurai dengan perasaan bangga. (pcmag/Nda/OL-12) 


sumber:mediaindonesia.com

No comments:

Post a Comment