Monday, April 18, 2011

Pasang Lampu Iluminasi Pada Mobil, Berguna Saat Gelap


JAKARTA - Tempat gelap maupun remang-remang, memang sempurna untuk mendapatkan suasana yang romatis. Tapi jika sedang berkendara di daerah gelap pasti akan repot. Hal ini juga berlaku di mobil, ada hal-hal yang terkadang membuat Anda kesulitan ketika berada di tempat gelap. Meski sepele, namun lama kelamaan bisa membuat Anda naik darah.

Nah, kami menyajikan tips dan trik untuk mengaplikasi fitur follow me home, iluminasi pada lubang kunci dan lampu kabin tambahan. Seperti apa iluminasi ‘kreatif’ itu bisa diterapkan? Silakan simak artikel berikut.

Follow Me Home
Pada mobil-mobil terbaru, seperti Ford Fiesta, Mercedes–Benz maupun Jeep Patriot, sudah mengaplikasi fitur follow me home. Pada dasarnya, fitur ini akan memberikan kesempatan untuk mendapatkan cahaya yang dipancarkan dari lampu mobil selama beberapa saat (saat mobil dikunci dan dibuka).

Selain itu, dengan fitur ini, bila Anda lupa memarkirkan mobil di tempat gelap, hanya dengan menekan tombol remote door open, Anda cukup mencari cahaya lampu yang dipendarkan dari mobil.
Tetapi, untuk mobil yang belum mempunyai fitur ini, kini bisa diterapkan juga diterapkan. Memang tidak sama persis dengan yang dibuat oleh pabrikan mobil. Seperti yang dilakukan Wira dari gerai SACS yang dahulu pernah membuatnya. Modul yang (saat itu) dijual seharga Rp 350 ribu ini, bekerja layaknya time delay, yang membuat lampu akan mati secara otomatis dalam beberapa saat.

“Sebetulnya sih ini berfungsi untuk kita yang sering lupa matiin lampu. Jadi setelah mesin mati dan kunci dicabut, maka lampu akan menyala beberapa saat lalu mati. Jadi tidak akan nyala terus sampai pagi,” ungkap Wira yang suka ‘bermain’ dengan barang elektronik ini.
  
“Pemasangannya juga mudah, modul hanya disambungkan ke switch lampu dan kontak ACC. Untuk sementara ini, barangnya kosong. Tapi kalau lagi tren lagi sih boleh juga buat lagi,” kekeh Wira.

Iluminasi Lubang Kunci
Tidak hanya di luar mobil, kondisi gelap di dalam mobil juga bisa jadi kendala bagi pengemudi. Misalnya saat ingin memasukkan anak kunci ke lubangnya. Solusinya, Anda bisa memasangkan lampu ring di lubang kunci.
Untuk lampu pada lubang kunci, bisa menggunakan lampu LED ring. Sachin Punjabi dari gerai Driver’s Corner di bilangan Radio Dalam, Jakarta Selatan punya produk yang didatangkan langsung dari Jepang. Lampu ring seharga Rp 450 ribu ini, cukup diselipkan di antara lubang kunci dan konsol setir.

Pemasangannya sangat mudah, karena hanya menghubungkan arus dari switch pintu. “Untuk warnanya ada merah dan biru, tapi nanti saya mau datangkan lagi yang bisa menyala terus. Kalau pintu dibuka, maka warnanya biru, lalu saat pintu ditutup berubah jadi merah,” terang Wira.
Lampu Kabin Tambahan
Selain itu, lampu fleksibel di bawah dasbor juga tidak kalah penting. Dikala Anda harus mengambil barang jatuh di lantai mobil, jadi tidak perlu harus membawa senter. LED fleksibel yang mempunyai panjang sekitar 30 cm ini pemasangannya hanya ditempelkan di bawah dasbor. Karena sifatnya yang fleksibel, pemasangannya bisa mengikuti bentuk dasbor.

“Kalau yang ini harganya Rp 300 ribu sepasang untuk kanan dan kiri. Untuk warnanya kebanyakan cari yang putih. Pasangnya juga sama seperti lampu ring, yaitu dihubungkan ke switch pintu juga,” tutupnya.  

sumber:otomotifnet.com

No comments:

Post a Comment