Monday, April 18, 2011

Tips Rutin Bersihkan Sliding Door Honda Freed

Bagi sebagian keluarga kecil mapan, Honda Freed merupakan sarana transportasi ideal untuk memenuhi berbagai kebutuhan berkendara.

Apalagi kini, tidak sedikit diantaranya wanita yang rata-rata berstatus ibu rumah tangga mengandalkan minivan tujuh penumpang ini.



Salah satu fitur standar yang paling disukai yakni automatic sliding door atau juga dikenal dengan power sliding door(PSD).

Namun, perjalanan bersama keluarga bisa sedikit terusik dengan gangguan yang ditimbulkan dari fitur pintu geser otomatis ini.

“Ada bunyi saat mobil berjalan, apalagi kalau ada lubang di jalan dan bodi mobil berguncang,” ujar Sasa Faya Yudhaka, sekjen Honda Freed Owners Indonesia (HOFOS) yang aktif mengkoordinir sejumlah member wanita pengguna Honda Freed.

Lebih lanjut, ibu dari Nimo ini merinci suara bising yang timbul layaknya dua benda keras yang bergesekan. “Biasanya kita langsung bawa ke bengkel resmi, lalu menurut mekaniknya di bagian pintu gesernya ada yang dikencangkan,” jelas Maria Kusuma, pengguna Honda Freed 2010 bernuansa Hello Kitty.

 Jalur rel pintu geser rentan kotor dan menimbul kerak(kiri). Bushing di pintu jangan lupa turut dibersihkan(kanan).
Nah, sampai disini perwakilan bengkel resmi buka suara. “Komponen yang dikencangkan adalah striker assy slide door yang ada di pilar B dan latch assy yang menempel di pintu,” terang Asep Ende, general repair service advisor Honda Cikarang, Jabar.

Lebih lanjut, pria komunikatif ini menjelaskan bahwa komponen tersebut rentan kendur jika bodi sering berguncang akibat seringnya melintasi kontur jalanan yang rusak.

Komponen berbentuk roller ini terdapat dua buah, pada bagian atas yang berbahan plastik dan bagian bawah yang berbahan besi. “Biasanya setelah dicuci atau kena hujan, pelumas roller bisa luruh, terlebih jika setelah itu terjemur kepanasan, pasti ada yang seret,” jelas Sonny, salah satu member aktif HOFOS.

 Cukup semprotkan cairan pembersih secara berkala(kiri). Bagian atas plastik dan bawah metal(kanan).
Roller plastik, bisa disemprot dengan menggunakan cairan silikon khusus bahan plastik. Sedangkan roller besi, bisa dilumasi menggunakan oli gemuk tipe low temperature yang warnanya transparan.

“Bersihkannya musti rajin, bisa juga pakai white grease,” saran Sonny. Lebih lanjut, pria berkacamata ini menjelaskan bahwa dengan perawatan seperti ini, bunyi dapat diredam untuk jangka waktu tertentu. Bagian yang juga wajib diperhatikan yakni rel yang merupakan jalur pergeseran pintu.

Karena merupakan jalur rutin mekanisme buka tutup pintu, maka kotoran atau kerak yang timbul rentan mengakibatkan gesekan sehingga menimbulkan bunyi yang cukup mengganggu. “Enggak cuma relnya, bushing-nya juga harus rajin dibersihkan,” tutup Sonny. Yang rajin ya! 


sumber:otomotifnet.com

No comments:

Post a Comment