Thursday, April 14, 2011

5 Layanan Terbaik Komputasi Awan (cloud computing)

ERA komputasi awan menjadi layanan baru untuk mendesentralisasikan data. Cara ini tidak membebani pengguna komputer dalam penyimpanan data internal. File penting seperti gambar, video dan musik yang disimpan dalam layanan komputasi awan, dapat diakses dari mana saja. 

Namun pemilihan layanan komputasi awan harus berkualitas dan sesuai kebutuhan penyimpanan data. Berikut ini lima layanan komputasi awan terbaik menurut Digital Trends: 


Box 

Desain layanan ini seperti media sosial yang ada saat ini yaitu Twitter dan Facebook. Layanan ini tidak menyimpan resume pengguna. Box menawarkan akun gratis yang menyediakan ruang penyimpanan data 5GB. Pengguna bisa mengunggah file sampai 25MB. Untuk 25GB penyimpanan dan upload file 1GB dikenakan biaya US$10 per bulan. 

Box juga menawarkan akun bisnis bagi perusahaan, penyimpanan data 500GB. Pengguna dapat melakukan sign-up sederhana dari homepage Box, dan membuat folder pribadi agar mudah berbagi file dan folder dengan orang lain. 

SOS Onlien Backup 

Layanan ini tidak menawarkan penyimpanan gratis. Harga langganan mulai dari US$9,95 per bulan atau US$79,99 per tahun untuk 50GB, yang dapat diakses sampai lima komputer. 

Proses upload data ke SOS dilakukan dalam beberapa cara. Classic View digunakan untuk tingkat pengaturan tertinggi dengan pilihan drag dan drop penuh sistem browsing. Pengguna bisa menggunakan wizard SOS untuk memindai file, yang paling sering diback up seperti gambar, video, dan musik. 

Dropbox 

Tidak seperti Box, untuk menggunakan aplikasi Dropbox pengguna harus mengunduh layanan ini. Aplikasi ini pada dasarnya hanya sebuah folder di komputer, untuk menempatkan file-file cadangan, dan untuk mengupload file lebih mudah. 

Setelah file ditempatkan dalam folder Dropbox, secara otomatis data akan upload ke layanan awan Dropbox. Data dapat diakses melalui situs Dropbox. File dapat ditambahkan ke Dropbox, hanya dengan mengklik kanan dan memilih seleksi Dropbox. 

Amazon Cloud Drive 

Siapapun yang memiliki akun Amazon.com sudah pasti terdaftar untuk menggunakan Cloud Drive. Semua pengguna mendapatkan kapasitas penyimpanan data gratis 5GB. Pilihan penyimpanan tambahan tersedia untuk 20GB dengan biaya US$20 per tahun, US$50 untuk 50GB. 
Semua jenis file dapat dimuat ke Cloud Drive. Layanan ini dibangun untuk bekerja pada Cloud Player, yang mengalirkan file musik dari komputer manapun atau dari aplikasi mobile Android. 

Windows Live SkyDrive 

Diluncurkan pada tahun 2007, layanan ini salah satu layanan gratis terbaik. Akun Hotmail dan Windows Live bisa langsung mengakses layanan ini, tanpa biaya untuk mendapatkan penyimpanan online sebesar 25GB. File dengan mudah diupload dan diatur sesuai keinginan pengguna. Data disimpan dalam salah satu folder Public, Private atau Personal. Sistemnya mudah seperti mengakses email melalui situs. Administrator memperbolehkan pengguan mengedit, atau menandai file sebagai read-only. 


sumber: mediaindonesia.com

No comments:

Post a Comment