Wednesday, April 13, 2011

Nokia Sedang Menyiapkan Proxy Server di Indonesia


Diam-diam Nokia tengah mempersiapkan layanan proxy internet khusus yang akan memberikan akses layanan internet lebih terjamin untuk para pengguna ponsel Nokia. Hal tersebut merupakan salah satu bagian strategi Nokia untuk mewujudkan visinya menghubungkan satu miliar orang lagi ke internet melalui ponsel.

Informasi mengenai rencana layanan proxy internet tersebut diungkapkan Mary McDowell, Executive Vice President Mobile Phones Nokia saat berkunjung ke Jakarta, Kamis (31/4/2011) .Ia mengatakan, penetrasi internet broadband di Indonesia masih sangat rendah sehingga banyak yang memasuki internet pertama kali lewat layanan seluler. Salah satunya lewat layanan jejaring sosial seperti Facebook dan microblogging Twitter. Untuk memudahkan akses ke layanan tersebut sebelumnya Nokia sudah bekerja sama dengan operator seluler dengan menyedia layanan data plan, di mana pengguna dapat bebas mengakses layana tersebut dengan biaya harian.
"Kami juga melakukan pilot project untuk layanan proxy lewat OVI browser yang akan mulai komersial dengan OVI browser yang terbaru. Saya kira Indonesia akan menjadi pasar kunci untuk itu. Layanan ini akan terintegrasi dalam ponsel buatan kami," kata Mary.
Saat ditanya Kompas.com lebih lanjut, apakah server untuk layanan proxy tersebut akan berada di Indonesia, Mary mengatakan rencana sejauh ini server yang digunakan ada di luar negeri. Namun, ia malah balik bertanya, apakah menjadi masalah kalau server proxy tersebut tidak di Indonesia? Saat didesak siapa saja yang digandeng untuk mempersiapkan layanan proxy tersebut, Mary justru mengatakan bahwa ada rencana meletakkan beberapa server proxy di lokasi berbeda di Indonesia.

sumber: tekno.kompas.com

No comments:

Post a Comment