Friday, April 15, 2011

Hindari Non-Slip Pad Di Area Dasbor


Penggunaan aksesori mobil serupa lembaran karpet berbahan PVC foam kian ramai diaplikasi pengguna kendaraan roda empat. Kehadirannya dinilai praktis karena bersifat lengket dan mampu menahan benda di atasnya untuk tidak bergerak.

Terlebih, aksesori ini terbilang murah. "Selembarnya hanya Rp 15 ribuan," ujar Mami, penggawang gerai aksesori mobil Anugrah Jaya di Radio Dalam, Jaksel. 


Lebih sip lagi, ada beberapa warna yang tersedia, hitam, beige atau abu-abu yang bisa disesuaikan dengan rona interior kendaraan.

Pada kemasan tertulis kalau penggunaannya mampu menahan barang-barang tergelincir dan jatuh ke lantai. Jelas sangat berguna karena tidak menyebabkan pengalih perhatian pada pengemudi ketika mobil bergerak.

Akan tetapi, kebayang enggak, menaruh barang di atas dasbor sembari berkendara di jalanan yang kita yang masih cukup tinggi tingkat kejahatannya. Ibarat pepatah sedia payung sebelum hujan, mending kita reka ulang fungsi karpet ajaib ini. Jangan sampai kita taruh kacamata atau ponsel di atas dasbor, selain memancing pencoleng, juga tidak baik terkena sinar matahari langsung, bukan?


Nah, kita jadi bicara mengenai manajemen barang di mobil, nih. Ketimbang menggunakan dasbor untuk meletakkan barang-barang pribadi, mending memaksimalkan berbagai ruang penyimpannan yang disediakan pabrikan mobil.

Misalnya, berbagai laci yang tersedia di konsol tengah, bagian tengah dasbor atau di pinggir dasbor maupun door trim. Jelas-jelas, menaruh barang di sana akan lebih aman karena tersembunyi, bukan?



berbagai lokasi tadi, kebanyakan tergolong keras karena terbuat dari plastik. Misalnya laci di tengah dasbor atau tempat di sekitar cup holder di konsol tengah.

Berbagai lokasi tadi bisa menimbulkan bunyi kalau berbenturan dengan barang yang kita taruh. Saat terkena lubang, misalnya. Salah satu contoh lucu, seorang rekan mencari bunyi di dasbor sampai puyeng, ternyata berasal dari koin yang memang dicemplungkan ke kotak asbak.

Jadi, karpet PVC non-slip ini bisa diberdayakan, bukan? Tinggal sesuaikan dengan lokasi yang biasa digunakan dan jadikan alas di sana. Karena bentuknya lebar, maka perlu dipotong. Coba saja bikin mal atau pola dulu dari tempat yang ingin dilambari (Gbr.2).
Nah, mal tadi tinggal digunakan buat membentuk non-slip mat yang sudah disiapkan. Tinggal tempel mal dan gunting mengikuti pola yang ada. Terus tinggal taruh di tempat yang dituju, deh (Gbr.3) . Kalau sudah terpasang begini, barang aman karena tidak terjatuh, sekaligus tersembunyi dari pandangan si tangan panjang.



sumber: otomotifnet.com

No comments:

Post a Comment