Tuesday, April 12, 2011

Hal yang Dilarang Saat Berolahraga


Berikut adalah daftar yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berolahraga dan dijamin dapat membawa perbaikan instan yang dapat meningkakan kebugaran Anda.


Yang Boleh Dilakukan
Fit Agar Tetap Bugar
Jika Anda ingin tetap fit, jari dan mulut Anda bukanlah satu-satunya bagian tubuh yang selalu Anda gunakan dengan teratur. Gaya hidup akan membuat Anda rentan terhadap penyakit jantung, osteoporosis, diabetes, hiperkolesterolemia, lesu dan perubahan suasana hati. Oleh karena itu, olahraga harus menjadi elemen yang tak terpisahkan dari hari Anda.
Pemanasan Dan Pendinginan
Anda tidak boleh melewatkan hal yang satu ini. Pemanasan mempersiapkan tubuh untuk mengimbangi aktivitas olahraga Anda. Otot-otot dapat tampil lebih baik dan terhindar dari cedera. Pemanasan dapat berupa jalan kaki selama 5-10 menit untuk menaikkan suhu inti tubuh.

Pendinginan menurunkan suhu tubuh secara bertahap. 5-10 menit terakhir dari olahraga Anda haruslah menjadi waktu untuk pendinginan. Hal ini memungkinkan darah untuk kembali pada keadaan istirahat.

Peregangan
Saat yang baik untuk melakukan peregangan adalah setelah sesi olahraga, saat tubuh masih dalam kondisi hangat. Peregangan mencegah nyeri otot dan meningkatkan fleksibilitas. Peregangan juga melemaskan otot, menggerakkan sendi dan memperbaiki postur tubuh.

Latihan Kekuatan
Sertakan latihan kekuatan dalam rejimen kebugaran Anda, karena membantu mempertahankan kepadatan tulang dan membuatnya semakin kuat. Untuk kerutinan yang efektif, sertakan latihan yang melatih kelompok otot utama dari tubuh bagian atas, tubuh bagian tengah dan tubuh bagian bawah.

Perhatikan Apa Yang Anda Makan
Apa yang Anda makan dapat mempengaruhi hasil dari rejimen kebugaran Anda. Perencanaan gizi yang sehat dapat membantu Anda membentuk otot, mengurangi persentase lemak tubuh, terlihat lebih baik dan merasa lebih baik. Jika Anda makan sehat, Anda akan memiliki energi yang cukup untuk melakukan olahraga dan beraktivitas.

Cukup Istirahat
Ketika kita beristirahat, otot mendapatkan waktu untuk memulihkan diri dari stres yang mereka alami saat Anda berolahraga. Beristirahat juga dapat membantu memulihkan kelelahan otot. Jika Anda latihan beban, pastikan Anda mengistirahatkan otot Anda minimal 48 jam di antara sesi latihan untuk memberikan waktu bagi otot memulihkan diri.

Berkonsultasi Pada Pelatih Yang Berkualitas
Berkonsultasilah pada pelatih yang dapat membantu Anda mendapatkan bentuk olahraga yang tepat, karena akan melindungi tubuh Anda dari trauma latihan. Melakukan tekhnik atau gerakan yang salah dapat menyebabkan cedera. Tidak peduli latihan apa yang Anda lakukan, pastikan untuk fokus pada postur tubuh yang tepat, menjaga tubuh Anda terhindar dari cedera sepanjang latihan.

Mulailah Dengan Intensitas Seimbang
Anda perlu mempersiapkan tubuh Anda untuk berlatih sedikit demi sedikit untuk menghindari ketegangan otot. Karena itu, program latihan Anda harus terstruktur, sistematis dan progresif (dimulai dengan intensitas rendah dan berangsur-angsur meningkat).

Berpikir Positif
Mengadopsi sikap positif memberi kesempatan sukses yang lebih besar bagi Anda. Bangga akan setiap kemenangan kecil yang berhasil Anda capai akan membuat Anda lebih positif terhadap latihan yang Anda lakukan dan mendorong Anda untuk berlatih secara rutin, tak peduli apa yang terjadi. Ingatlah, perubahan kecil yang kita kumpulkan akan mendatangkan perbedaan yang besar. Jadi jangan anggap remeh rutinitas Anda bahkan jika Anda menambahkan 15 menit untuk rutinitas jalan harian Anda, hal itu berarti Ada telah menambahkan dua jam penuh latihan Anda dalam seminggu – sebuah prestasi yang pantas dibanggakan.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan
Berlatih Secara Monoton
Kebosanan dapat muncul setiap saat jika Anda terus melakukan hal yang sama berulang kali. Fitnes secara rutin haruslah menyenangkan, olahraga seharusnya membantu menghilangkan stres dan membuat Anda merasa lebih hidup dan bersemangat; bukannya bosan. Jadi, variasikan latihan Anda untuk menjaga tingkat kesenangan.

Berpikir Sempit
Seringkali orang berpikir sempit saat mereka mulai berlatih secara rutin, dan hal ini mendorong mereka untuk menahan lapar dan berlatih secara berlebihan. Berpikirlah untuk sehat, bukan untuk kurus. Pastikan Anda makan dengan diet seimbang yang meliputi karbohidrat, protein, lemak dan banyak air.

Mengabaikan Pernafasan Anda
Bagaimana Anda bernafas saat berolahraga sangatlah penting, terutama jika Anda melakukan latihan beban. Ketika berlatih dengan beban, kebanyakan orang tidak memperhatikan untuk bernafas dengan cara yang benar – keluarkan nafas saat Anda menggunakan otot, dan tarik nafas saat Anda melegakan otot.

Berolahraga Secara Berlebihan
Sama halnya dengan kurang olahraga, kebanyakan olahraga juga buruk bagi kesehatan Anda. Jangan bersikap tidak sabar dengan mengharapkan hasil yang cepat dan berlebihan, terlalu cepat; hal ini dapat menyebabkan cedera.

Melupakan Cairan
Anda kehilangan cairan tubuh saat berkeringat akibat berolahraga. Cairan yang hilang perlu diganti atau Anda akan mengalami dehidrasi; minumlah banyak air sebelum, saat dan setelah Anda berolahraga.

Menyingkirkan Latihan Jantung
Latihan kardio penting untuk meningkatkan kebugaran secara keseluruhan; lakukan 3-5 kali dalam seminggu selama 30-60 menit. Intensitas latihan Anda dapat berkisar antara 45-85 persen dari tingkat detak jantung Anda tergantung pada usia, tingkat kebugaran dan sejarah medis.

sumbeR:jawaban.com

No comments:

Post a Comment