Thursday, April 14, 2011

Robot Pengganti Pekerja Pabrik di Masa Depan


Bila melihat film tentang masa depan manusia dan robot, banyak yang menggambarkan robot sebagai pembantu manusia untuk mengerjakan hal rutin dan keperluan sehari-hari. ABB sedang berusaha untuk merealisasikan hal ini lebih cepat.
Dengan robot konsep bernama FRIDA, suatu hari para pekerja pabrik bisa saja tergantikan oleh robot. Frida
dirancang sedemikian rupa untuk berfungsi dan bergerak sesuai dengan gestur tubuh manusia, khususnya tangan. Selain fungsinya yang menyerupai manusia dan cocok digunakan di perusahaan manufaktur, robot ini juga memiliki ukuran yang kecil. FRIDA juga mengutamakan keamanan yang menjadi aturan nomor 1 dunia robotic sehingga tidak akan membahayakan manusia.
Bayangkan bila suatu saat pekerja pabrik digantikan oleh robot, tidak ada lagi kelebihan jam kerja, kelelahan, fasilitas seperti kolam renang, profesional konseling, asrama, perumahan buruh pabrik, kantin, dsb. Terdengar menyenangkan bukan? Tapi dampak negatifnya tentu akan semakin memperbanyak angka pengangguran. Sepertinya tidak masalah jika semua manusia bisa menikmati hidupnya tanpa perlu bekerja terlalu keras, apakah mungkin? Lebih jelasnya lihat saja video dibawah ini

sumber: teknoup.com

No comments:

Post a Comment