Monday, April 11, 2011

Sarapan Yang Dapat Meningkatkan Metabolisme Dan Membakar Lemak


Menjadi hal yang diketahui secara umum sebagaimana fakta medis bahwa makan sarapan sehat dapat meningkatkan fungsi tubuh manusia. Ada banyak alasan mengapa sarapan bergizi sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan hidup.


Banyak orang yang makan dengan porsi kecil sepanjang hari dan makan dengan porsi besar sebelum mereka beranjak tidur. Namun, hal ini sangat tidak dianjurkan karena tubuh tidak memerlukan bahan bakar di malam hari. Makan sebelum tidur juga tidak dapat membakar kalori yang dikonsumsi pada saat itu. Oleh karena itu sangat masuk akal untuk mengkonsumsi kombinasi yang tepat dari nutrisi dan kalori saat sarapan.


Hal ini akan membuat hari menjadi lebih produktif dan akan memberikan energi yang cukup bagi tubuh untuk melakukan berbagai tugas. Mereka yang mencoba untuk menurunkan berat badan juga akan mendapatkan keuntungan dari makan sarapan yang baik karena akan memasok energi yang dibutuhkan saat berolahraga menurunkan berat badan secara intensif. Saat Anda tidur di malam hari, metabolisme tubuh Anda akan melambat dan tubuh Anda hanya memfungsikan organ vital agar tetap bekerja.

Denyut jantung dan fungsi tubuh lainnya juga melambat. Kalori yang dikonsumsi selama makan malam juga cenderung tersimpan selama periode ini. Setelah masa puasa ini (tidak makan sampai pagi), tubuh akan memerlukan energi yang dapat disediakan dengan mengkonsumsi sarapan sehat. Sarapan akan membuat metabolisme tubuh kembali bekerja dan menjaga agar tubuh dapat tetap berjalan dengan baik sampai waktu makan siang tiba. Melewatkan sarapan berarti memperpanjang kondisi lapar tubuh Anda. Dan hal ini hanya akan memperlambat metabolisme tubuh Anda sampai saat makan berikutnya.

Beberapa peningkat metabolisme alami termasuk jeruk bali yang dapat membantu menurunkan kadar insulin, teh hijau yang meningkatkan fungsi sistem saraf dan almond yang kaya akan asam lemak esensial. Terdapat makanan lain yang juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Telur kaya akan protein dan sangat ideal untuk membakar kelebihan lemak. Banyak energi yang dibutuhkan untuk memecah protein dan hal ini akan meningkatkan kapasitas pembakaran lemak tubuh. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 serta protein yang dikenal dapat meningkatkan metabolisme. Makanan berserat tinggi seperti roti gandum juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. 

Tambahan sehat lainnya dapat berupa daging yang merupakan sumber protein yang sehat. Makan dengan porsi kecil sepanjang hari juga dapat membantu menjaga kadar gula darah dan menyediakan pasokan energi. Untuk metabolisme yang baik, perlu juga melakukan olahraga. Melakukan aerobik di pagi hari diketahui dapat meningkatkan metabolisme tubuh sepanjang hari.


sumber: jawaban.com

No comments:

Post a Comment