Thursday, April 14, 2011

8 Langkah Mengurangi Gula Saat Diet


Mengkonsumsi gula merupakan sebuah kebiasaan yang sulit untuk disingkirkan, tetapi manfaat kesehatan yang dimilikinya juga tidak dapat dipungkiri. Berikut ini adalah beberapa tips dimana Anda dapat mulai mencoba menguranginya.

1. Hentikan Menambah Gula Untuk Makanan
Metode ini mungkin merupakan metode yang paling jelas dan sederhana. Kurangi secara perlahan 1 atau 2 sendok teh gula yang biasa Anda tambah


2. Kurangi Atau Hilangkan Olahan Karbohidrat
Karbohidrat dapat menjadi sumber energi, tetapi karbohidrat juga dapat dikonversi menjadi gula dalam tubuh Anda. Dimana proses ini kemudian mengubahnya menjadi lemak. =Makanan olahan karbohidrat yang paling umum adalah roti, pasta, dan makanan ringan (cemilan). Trik utama di sini adalah membatasi asupan dan mengawasi porsi makan Anda.

3. Membaca Label Kemasan
Pelajari istilah-istilah yang ada. Periksa label untuk melihat kadar gulanya. Jika kadar gula tinggi, letakkan kembali kemasan itu. Jika Anda harus membeli produk tersebut, carilah produk serupa dengan kadar gula rendah.

4. Tambahkan Warna Ke Dalam Keranjang Belanjaan Anda
Keaneka-ragaman warna merupakan ukuran yang baik dari diet yang sehat. Tapi ingatlah untuk menjaga agar tetap membeli produk yang segar. Kemasan yang penuh warna tidak masuk hitungan! Buah-buahan berwarna cerah dan sayur-sayuran merupakan indikasi dari produk segar dan rendah glikemik.

5. Batasi Konsumsi Buah
Buah merupakan bagian yang sangat penting dari diet jenis apapun juga. Buah mengandung serat dan memiliki banyak nutrisi. Namun, mereka juga mengandung gula alami. Jika Anda mengkonsumsi buah terlalu banyak, gula dapat disimpan tubuh sebagai lemak. Batasi asupan buah dengan mengkonsumsi dua buah per hari.

6. Hindari Jus Buah
Jus buah disajikan dengan gula. Jus buah mungkin tampak seperti pilihan yang sehat namun kenyataannya sebenarnya jauh dari itu. Jus buah tidak mengandung zat gizi atau serat yang ditemukan dalam buah mentah. Lebih baik bagi Anda untuk mengkonsumsi buah mentah.

7. Carilah Alternatif Pengganti Gula
Jika Anda membuat makanan penutup yang memerlukan gula, coba tambahkan pure buah sebagai gantinya. Kayu manis, bawang putih dan pala merupakan pemanis yang ampuh ketika ditambahkan pada beberapa sayuran. Nasi dapat terasa lebih manis jika ditambahkan kayu manis, jahe atau kapulaga. Lakukan uji coba sendiri dan Anda akan menemukan alternatif alami lain yang menarik!

8. Jangan Dibodohi Produk Yang Menggunakan Istilah ‘Bebas Lemak’
Jika Anda bertujuan untuk menurunkan berat badan, berhati-hatilah dengan produk yang berlabel ‘bebas lemak’. Meskipun produk tersebut mungkin bebas lemak, seringkali produk tersebut mengandung banyak gula. Kecuali Anda berusaha menghindarinya, kandungan gula ini akan tersimpan di dalam tubuh Anda sebagai lemak.

sumber: Jawaban.com


No comments:

Post a Comment