Sunday, March 17, 2013

Perempuan Trengginas Promosikan Taman Mini

LENSAINDONESIA.COM: Perempuan yang gigih dalam kegiatan kepariwisataan ini, namanya Anisa Heidyana. Nisa, panggilan akrabnya. Dia salah satu perempuan trengginas di kehumasaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dalam mempromosikan TMII.

Nisa bukan cuma punya komitmen kuat di dunia kepariwisataan. Ia juga cukup konsen terhadap kegiatan pelestarian alam. Semua ini ditumpahkan sejak berkarier di TMII.

Baca juga: Keraton Nusantara Wariskan Peradaban dan Karya Seni Bernilai Tinggi dan Pengunjung TMII Tembus 60.000 Orang

“Alam juga sering jadi bahan studi wisatawan budaya, khususnya  widya wisata. Untuk keperluan ini, yang paling penting ialah daerah dengan jenis flora dan fauna yang khas dan langka," kata Nisa, membuktikan sendiri.

Selama menekuni karier di kepariwisataan dan pelestarian, ia melihat tidak sedikit wisatawan tertarik kegiatan-kegiatan di alam terbuka. Mereka cenderung untuk jangka pendek. Misal,  mengisi akhir pekan, masa liburan.

“Mereka suka menikmati pemandangan atau suasana pedesaan atau kehidupan di luar kota (tempat tinggalnya)," kata staff Humas TMII ini ditemui LICOM di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia, Jakarta Timur, Minggu (17/3/13).

Meski ia tergolong muda berpengalaman bidang wisata, namun Nisa mampu menangkap hasrat yang melatarbelakangi kenapa seseorang ingin berlibur atau rekreasi. “Rata-rata cari ketenangan di tengah alam terbuka. Pemandangan bagus, terbuka luas, udara segar, perasaan jadi tenteran,” kata Nisa.

"Ada juga yang menyukai tempat-tempat tertentu. Yang begini, termasuk wisatawan tipe rekreasi. Obyeknya seperti hutan, pegunungan, dan pantai, atau alam-alam lain,” katanya.

Nisa mengaku suka tercenung melihat fakta bahwa parawisata Indonesia banyak dikenal di masyarakat dunia. “Makanya, kita harus melestarikan wisata seperti di Danau Toba, Raja Ampat (Papua). Buktinya, Candi Borobudur paling banyak didatangi  wisatawan mancanegara,” kata Nisa.

"Kita bangga dengan kaya potensi wisata maupun budaya Indonesia.  Kita harus galakkan terus peran objek wisata Indonesia ke mancanegara," ajak Nisa, mirip juru kampanye Pemilihan Walikota. @winarko

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Mohammad Ridwan @lensaindonesia 17 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/17/perempuan-trengginas-promosikan-taman-mini.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment