Thursday, March 21, 2013

PT Petrokimia Gresik uji coba sistem asuransi tani padi

LENSAINDONESIA.COM: Uji coba sistem asuransi usaha tani padi saat ini sedang dilakukan oleh PT Petrokimia Gresik (PKG), untuk itu PT. Petrokimia Gresik akan bekerjasama dengan PT Jasindo di Kabupaten Gresik dan Kabupaten Tuban.

Hal tersebut dilakukan karena produksi dan hasil pertanian banyak menghadapi resiko alamiah yang akan menimbulkan kerugian secara ekonomis cukup besar, maka sangat dibutuhkan perlindungan kepada para pelaku agribisnis.

Baca juga: Prestasi Sri Mulyani: Bunga Obligasi Supermahal dan Honda Indonesia bidik pelajar se-Surabaya

Terutama dalam hal ini Petani maupun pengusaha terutama dalam kegiatan budidaya dan pemasaran hasil pertanian. Hidayat Nyakman, Direktur Utama PKG melalui pesan tertulisnya menjelaskan bahwa sistem ini dibuat untuk melakukan proteksi kepada para petani.

"Program asuransi ini sengaja kami rancang dengan tujuan memberi perlindungan dalam bentuk modal kerja kepada petani yang gagal panen akibat resiko banjir, kekeringan dan serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT),” tegasnya.

Menurutnya juga untuk membagi kerugian akibat resiko banjir, kekeringan dan serangan OPT kepada pihak lain melalui skema pertanggungan asuransi. Hidayat menambahkan bahwa ada lahan seluas 475 Ha yang akan di asuransikan.

“Lahan ini nantinya akan Melindungi petani secara finansial terhadap kerugian akibat gagal panen, besarnya nilai pertanggungan yang akan diberikan untuk asuransi ini sebesar Rp 6.000.000,00 (Enam Juta Rupiah) untuk perhektarnya" imbuh Hidayat.

Uji coba asuransi usaha tani padi ini rencananya akan terlebih dahulu diberikan kepada petani peserta program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan berbasis Korporasi (GP3K) dengan premi yang harus dibayarkan sebesar Rp 180.000/ Ha untuk satu musim.

“Besarnya jumlah premi tersebut akan dibagi pembayarannya antara petani dengan PKG, yaitu 20 % dibayar petani dan 80 % dibayar oleh PKG," jelasnya.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun untuk kegiatan GP3K sendiri hingga pertengahan Maret 2013 tercatat PKG telah berhasil melakukan tanam lahan seluas 129.819 Hektare.

Jumlah itu terdiri dari, Jatim (73.162 Ha), Jateng 35.184 Ha, DIY 1.354 Ha, dan Luar Jawa 20.119 Ha. Selain itu untuk penyaluran pupuk sendiri hingga Februari 2013, lalu PKG telah menyalurkan 880 ribu ton pupuk.

Sekedar diketahui Total luasan GP3K yang telah dikerjakan PKG sejak tahun 2011 sudah mencapai 101.558 Ha dan untuk tahun 2013 ini target PKG mencapai 320.000 Ha. Dengan total hasil peningkatan panen rata-rata meningkat sebesar 25 %, yaitu dari 5,93 Ton/ Ha menjadi 7,86 Ton/ Ha.@dhimasprasaja

 

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 21 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/21/pt-petrokimia-gresik-uji-coba-sistem-asuransi-tani-padi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment