Tuesday, March 5, 2013

Aduh! Sampah Penuhi Bantaran Kali Cipinang Besar Utara

LENSAINDONESIA.COM: Entah apa maksud Sudin PU Tata Air Jakarta Timur membiarkan tumpukan sampah menggunung memenuhi bantaran kali Cipinang Besar Utara di RT.10 RW 02, Kelurahan Cipinang Besar, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Pasalnya keberadaan kali tersebut nyaris tak terlihat karena di penuhi banyak sampah. Kondisi seperti ini rupanya sudah berlarut-larut bahkan hingga tahunan di biarkan begitu saja.

Janat warga Cipinang Besar Utara (49) mengatakan kondisi kali tersebut sudah cukup lama terbengkalai di penuhi sampah dan belum pernah ada pengerukan maupun upaya pembersihan dari instansi terkait.

Baca juga: Satpol PP Bongkar Paksa Bangunan Liar Situ Rawabadung dan Polisi Terus Kejar Pelaku Curanmor Sadis

“Ya begitu aja, hampir satu tahun lebih tidak ada pembersihan kali Cipinag Besar Utara. Jadi tiap hari makin banyak makin menggunung sampahnya,” kata Janat pada LICOM di sisi pinggir kali Cipinang Besar Utara, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinrgara, Jakarta Timur, Selasa (5/3/13).

Janat mengatakan, kondisi kali tersebut mulai di rasakan warga, setelah adanya pembangunan Kanal Banjir Timur (KBT).

“Memang sebelum ada KBT wilayah ini kerap terjadi banjir, setelah adanya KBT banjir tidak lagi mengenangi pemukiman. Sekarang ini malah kondisi Kali Cipinang Besar Utara sangat memprihatinkan, karena banyak tumpukan sampah, sehingga menimbulkan bau tak sedap di kali tersebut,” keluhnya.

Dirinya berharap, sampah yang berada di kali Cipinang Besar Utara segera di bersihkan karena tumpukkan sampah tersebut selain menimbulkan bau tidak sedap juga lingkungan kotor dan banyak nyamuk.

“Gunungan sampah itu kalau membusuk baunya sangat menyengat, warga takut keberadaan sampah tersebut menjadi biang penyakit bagi warga sekitar,” harapnya.

Ia menambahkan, warga meminta kepada Pemkot Jakarta Timur agar menormalisasi kali tersebut, selain mengalami penyempitan, pendangkalan juga terdapat bangunan bangunan diatas kali menambah semakin semrawut.

“Kami meminta Sudin PU Tata Air agar segera keruk agar lancar airnya, sungai jadi bersih tidak seperti sekarang ini. Kalau bersihkan enak dipandang,” pintanya.

Menanggapi keluhan warga tersebut Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Timur Suhartono mengakui keberadaan kali tersebut saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Banyaknya sampah dan puing puing bangunan sehingga menutupi lajunya air di Kali Cipinang Besar Utara.

“Sedang kita koordinasikan dengan Dinas PU DKI Jakarta, untuk melakukan normalisasi dan turap kali tersebut, semoga tahun ini bisa terlaksana” tandasnya.@winarko

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 05 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/05/aduh-sampah-penuhi-bantaran-kali-cipinang-besar-utara.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment