Thursday, March 7, 2013

Saluran Air Mampet, Rawabadung Sering Banjir

LENSAINDONESIA.COM: Pemkot Jakarta Timur tampaknya harus memperhatikan warga Rawabadung, Jakarta Timur. Pasalnya, daerah ini sering mengalami banjir. Warga mengeluhkan tentang tersumbatnya saluran air di daerah tersebut. Alhasil, mereka terus menghadapi banjir setiap hujan.

Dari pengamatan LICOM di lapangan, kondisi situ Rawabadung yang terletak di Jln. KRT. Radjiman Widyaningrat, Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung tersebut tidak hanya dipenuhi oleh Tanaman Eceng Gondok, tetapi juga banyak tumpukan sampah di pinggir situ Rawabadung. Alhasil, saluran air di daerah tersebut tersumbat. Selain itu, banyaknya banguan warga yang menjorok masuk ke dalam situ Rawabadung menjadi faktor lain banjirnya daerah tersebut.

Baca juga: Lamban, Proyek Drainase PU Tata Air Jakarta Timur Dikeluhkan Warga dan Pemprov DKI Jakarta Hibahkan Rp 60 Miliar ke Jabar

"Kalau hujan besar itu daerah kami kebanjiran,” ujar Muhammad (51), warga RT. 13 RW. 08 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung kepada LICOM (7/3/2013).

Muhammad mengakui bahwa banjirnya Rawabadung dimulai sejak 2004. Dia mengatakan bahwa jumlah bangunan di sekitar Rawabadung yang terus meningkat telah mengakibatkan banjir di daerah tersebut. Dia mengatakan bahwa ada 3 RT yang menjadi langganan banjir, yaitu RT. 13, RT. 05, dan RT. 02 RW. 08, Kelurahan Jatinegara.

Hal yang senada diucapkan oleh Umar Farouq (38). Umar mengatakan bahwa penyempitan situ akibat meluasnya pemukiman warga di Rawabadung. Alhasil, daerahnya juga terkena banjir. Dia berharap agar pemerintah ikut membantu pembersihan dan penataan Rawabadung.

“Harapan saya, ya segeralah bisa di bersihkan saluran air yang tersumbat serta ada penataan terhadap situ. Jadi, tidak semakin mengecil saja,” ujar Farouq. @winarko/andrian

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Ari Purwanto @lensaindonesia 07 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/07/saluran-air-mampet-rawabadung-sering-banjir.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment