Friday, March 8, 2013

PBNU: Warga NU Sebaiknya Tidak Nikah Siri

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

LENSAINDONESIA.COM: Para Nahdliyin (sebutan warga Nahdlatul Ulama-red) sebaiknya tidak menikah siri. Hal ini ditegaskan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Katib Syuriah PBNU, Mujib Qoliyubi saat dikonfirmasi LICOM Jumat (8/3) mengatakan, Nahdliyin perlu mematuhi prosedur penikahan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Status pernikahannya harus tercatat di kantor urusan agama (KUA) Departemen Agama di kecamatan. Nikah siri sah menurut syariat agama. Tapi status pelaku nikah siri bersifat gelap secara kewarganegaraan dan kependudukan,” jelas dia.

Baca juga: PBNU Belum Lihat Ada Kandidat Capres Militer yang Cocok dan Teruji, Figur Militer Masih Diperlukan Bangsa, Bung!

Hal tersebut, lanjutnya, harus dijalankan karena pernikahan siri tidak mengikat secara hukum positif. Tapi kalau pernikahannya tercatat di KUA akan memudahkan administrasi kependudukan. Mujib mencontohkan, mereka bisa dengan mudah mengurus akta kelahiran, kartu keluarga, dan kartu identitas penduduk. Serta bisa menerima hak-hak warga negara secara wajar. Seperti pendidikan, kesehatan, dan jaminan sosial lainnya.

Sementara saat dikonfirmasi terpisah, Ketua Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH
Abdushomad Buchori minta PBNU lebih baik menyelesaikan kasus perzinahan daripada persoalkan nikah siri.

“Tapi dasarnya MUI Jatim tidak setuju dengan nikah siri karena lebih banyak membawa mudharat daripada maslahatnya, meski Islam sendiri mengaturnya dalam syariah. Tapi ayat yang mengaturnya tidak berdiri sendiri. Karena umat Islam sendiri mengatur umatnya untuk ikuti aturan pemerintah yang tidak bertentangan dengan syariah Islam,” pungkasnya. @sarifa

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Achmad Ali @lensaindonesia 08 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/08/pbnu-warga-nu-sebaiknya-tidak-nikah-siri.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment