Wednesday, March 6, 2013

Kartabi: “Agus Martowardojo Kurang Pas Pimpin BI”

LENSAINDONESIA.COM: Pengamat ekonomi Universitas Pasundan Bandung, Acuviarta Kartabi menilai bahwa kapasitas Agus Martowardojo yang dikabarkan akan memimpin Bank Indonesia (BI), kurang tepat.

Peran BI pasca terbentuknya OJK (saat ini dan ke depan), kata Acuviarta, lebih banyak kepada peran stabilitas makro ekonomi, fokusnya stabilitas nilai tukar dan stabilisasi harga. Berbeda dengan dulu ketika otoritas pengawasan bank masih di bawah otoritas bank sentral, saat ini peran itu sudah diambil alih oleh OJK.

Baca juga: Ihwal Tokoh NU Banyak Dukung Anas, SBY Kualat Gus Dur dan Abdulrachim: Serahkan Keluarga SBY ke KPK!

“Basic Agus Martowardojo, saya kira sebagian besar pada pengelolaan perbankan, sedangkan peran tersebut di BI ke depan semakin luntur selain hanya faktor koordinasi saja,” kata Acuviarta kepada LICOM, Rabu (06/03/2013).

Lebih lanjut Acuviarta mengatakan, pengalaman Agus Martowardojo mengelola stabilitas makro dari sisi fiskal (sebagai Menkeu) memang bisa dijadikan salah satu alasan, tapi itu tidak cukup.

“Apalagi dugaan saya, sepertinya pengelolaan manajemen fiskal di bawah Agus Martowardojo kurang begitu berhasil. Sebut saja penerimaan pajak yang dibawah target (tahun 2012 lalu),” katanya

Selain itu, kemampuan Agus Martowardojo berhadapan dan berargumen dengan DPR RI maupun pemerintah lainnya juga dinilai kurang baik. Tidak hanya itu, ia juga melihat petinggi Partai Demokrat juga tampaknya kurang nyaman bekerjasama dengan Agus Martowardojo.

“Terlebih komentar Agus Martowardojo ketika diperiksa KPK tampak lebih menyudutkan Andi Mallarangeng,” ujarnya

Menurut Acuviarta, pengajuan Agus Martowardojo sebagai calon gubernur BI untuk kedua kalinya, menunjukkan bahwa Menteri Keuangan tersebut dinilai tidak berhasil.

Pengajuan Agus Martowardojo sebagai calon gubernur BI, lanjut Acuviarta, merupakan cara halus SBY untuk menggeser Menteri Keuangan itu.

“Intinya kalau Agus Martowardojo dianggap berhasil, posisinya tidak direncanakan oleh Presiden SBY untuk diganti. Faktanya Agus diajukan SBY untuk menjadi gubernur BI. Itu cara halus untuk menggeser posisi Agus Martowardojo meski bolanya sekarang ada di DPR,” ujarnya. @endang

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Ari Purwanto @lensaindonesia 06 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/06/kartabi-agus-martowardojo-kurang-pas-pimpin-bi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment