Friday, March 8, 2013

Dua Waduk akan Dibangun Guna Antisipasi Luapan Sungai Bengawan Solo

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah merencanakan akan membangun dua Waduk guna mengantisipasi banjir akibat meluapnya sungai bengawan Solo.

Direncanakan proyek tersebut akan berjalan di tahun 2013/2014, dengan dana APBN dari Kementerian Pekerjaan Umum

Baca juga: Penuntasan Angka Pengangguran, Pemprov Jateng Gelar Pelatihan Garmen dan Reaktivasi Bandara Ngloram Tak Kantongi Ijin Gubernur Jateng

Hal tersebut diungkapkan oleh Prasetya Budi Yuwono, Kepala Dinas Pengairan dan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Tengah, kepada LICOM, Jum`at (8/3/2013).

"Keberadaan waduk tersebut nantinya diharapkan mampu mengurangi debet air yang mengalir ke bangawan solo yang bersumber dari waduk Gajah Mungkur," terangnya.

Kementrian Pekerjaan Umum, lanjut Prasetya, sebenarnya mencanangkan 5 Waduk di sepanjang aliran sungai bengawan Solo itu yang mengalir dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur. "Dua waduk akan dibangun di Jawa Tengah dan tiga waduk di wilayah Jawa Timur," tuturnya.

Untuk di Jawa Tengah, dua waduk tersebut adalah Waduk Pidekso yang akan dibangun di kabupaten Wonogiri dan Waduk Gondang yang berada di Kabupaten Karanganyar.

Lebih jauh Prasetyo menjelaskan, selain membangun 2 waduk tersebut, meluapnya bengawan Solo juga akan diantisipasi melalui pembangunan tanggul di sepanjangsungai, pembangunan pintu pengendali air/dam sungai serta akan dilakukan program konservasi lahan dan hutan di sekitar waduk Gajah Mungkur.

"Khusus di Waduk Gajah Mungkur ini, Dinas PSDA bekerjasama dengan pemerintah Jepang akan melakukan rekayasa teknik dengan menggunakan teknik spillway yang berfungsi mengurangi sedimentasi waduk Gajah Mungkur dengan system Intake (pintu pembuangan dalam waduk)," tuturnya.

Melalui teknologi Spillway ini diharapkan mampu melimpahkan luapan material padat bersama air yang berpotensi menjadi endapan waduk, sehingga sedimentasi dapat berkurang.@nur

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Achmad Ali @lensaindonesia 08 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/08/dua-waduk-akan-dibangun-guna-antisipasi-luapan-sungai-bengawan-solo.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment