Tuesday, March 5, 2013

Puluhan Massa PKB Desak Kejari Bangkalan Tangkap Koruptor KUT

LENSAINDONESIA.COM: Sekitar 80 aktivis LSM Pembela Kebenaran (PKB), berunjuk rasa di halaman kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangkalan, Madura, Selasa (05/03/2013). Mereka mendesak kejaksaaan segera menangkap pelaku dalam kasus dugaan korupsi dana kredit usaha tani (KUT).

Para pengunjuk rasa ini datang ke kantor Kejari Bangkalan dengan membawa berbagai poster dan spanduk yang berisi kecamatan atas terjadinya praktik dugaan korupsi dalam program KUT itu.

Baca juga: Demo di Kantor Kejari, Petani Bangkalan Korupsi KUT Diusut

“Dana KUT yang disalurkan pemerintah untuk para petani mencapai Rp130 miliar. Oleh karenanya Kejari harus segera menangkap pelakunya agar mereka tidak bebas lagi,” kata Syaiful, korlap aksi PKB.

Dana KUT itu dikucurkan pemerintah untuk membantu para petani dalam berupaya meningkatkan hasil produksi pertanian saat menghadapi krisis pangan pada 1998-1999. Namun faktanya, dana itu tidak diterima petani sepersenpun.

Dalam askinya, massa sempat menyebut dua tokoh ulama di Kabupaten Bangkalan yang diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi KUT senilai Rp130 miliar itu. Mereka itu masing-masing berinisial “IF” dan “IB”.

Kedua tokoh ulama ini diduga telah menerima aliran dana KUT sebesar Rp18 miliar. Dana itu untuk dibagikan kepada 232 kelompok tani dengan jumlah anggota ketika itu 6.278 orang.

Dana sebesar itu direncanakan untuk mengelola areal lahan pertanian seluas 9.041 hektare.

Tidak hanya itu, LSM PKB ini juga menyorot adanya keterlibatan sebagian LSM di Kabupaten Bangkalan dalam kasus dugaan korupsi dana KUT tersebut senilai Rp523 juta.

Menurut korlap aksi Syaiful, pihak Kejari perlu segera menangkap para pelaku dugaan korupsi dana KUT tersebut dengan berbagai pertimbangan.

Selain karena pelaku dikhawatirkan melarikan diri, juga karena dugaan korupsi dalam kasus KUT itu jumlahnya tidak sedikit yakni mencapai ratusan miliar.@ridwan_licom/ant

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 05 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/05/puluhan-massa-pkb-desak-kejari-bangkalan-tangkap-koruptor-kut.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment