Tuesday, March 5, 2013

Menteri Lingkungan Hidup Akan Upayakan Penyelamatan Penurunan Kualitas Sungai Ciliwung

LENSAINDONESIA.COM: Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, khawatir terhadap penurunan kualitas Sungai Ciliwung. Dia akan mengupayakan beragam program berupa pendekatan peningkatan kesadaran masyarakat dan pemangku kepentingan dalam upaya penyelamatan lingkungan Sungai Ciliwung.

"Penurunan kualitas Sungai Ciliwung sudah memprihatinkan dan kita harus segera bergerak serta bertindak cepat,” ujar Berth, panggilan akrab Menteri Lingkungan Hidup, di Komunitas DAS Ciliwung MAT PECI (Masyarakat Peduli Ciliwung), Cawang, Jakarta Timur, Selasa (5/3/2013).

Baca juga: Hebat! Pusarpedal Kini Punya Alat Cangih se Asia dan 80 Siswa SMPN Ngaku Tidak Kenal Menteri Lingkungan Hidup

Berth pun menginginkan adanya tindakan yang dilakukan sinergis antara masyarakat dan pemangku kepentingan dalam penyelamatan Sungai Ciliwung.

“Upaya penyelamatan Sungai Ciliwung harus dilakukan oleh semua pemangku kepentingan, baik oleh pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha, maupun masyarakat, para penggiat lingkungan," ucap Menteri Lingkungan Hidup lagi.

Dalam perencanaan pengaturan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Ciliwung, Kementerian Lingkungan Hidup akan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kehutanan, dan Kementrian Pertanian. Mereka telah melakukan berbagai kegiatan percontohan pemulihan kualitas lingkungan DAS Ciliwung secara terpadu. Contohnya adalah pembatasan nilai kualitas air sungai sebagai pemersatu kegiatan antar sektor dan daerah.

Sungai Ciliwung sendiri adalah satu dari 13 sungai prioritas nasional 2010-2014. Sungai Ciliwung mengalami tekanan beban pencemaran yang tinggi dibanding sungai-sungai lain di Pulau Jawa. Diperkirakan, sekitar 80 persen air kali Ciliwung telah tercemar akibat Air limbah domestik. Sementara itu, sisanya berasal dari usaha skala kecil (peternakan dan pertanian) dan kegiatan industri. @priokustiadi/andrian

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 05 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/05/menteri-lingkungan-hidup-akan-upayakan-penyelamatan-penurunan-kualitas-sungai-ciliwung.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment