Thursday, February 21, 2013

Amerika Terlibat Cyber dengan Iran, Rusia dan Cina

LENSAINDONESIA.COM: Institusi Cyber dan Sekurity Komputer AS mengungkap bahwa Amerika Serikat sedang meluncurkan perang cyber dan bermusuhan terutama dengan negara-negara seperti Iran, Rusia dan Cina.

Dilansir Dekapfile, Kamis (21/02/2013), Amerika Serikat, Rusia dan Cina saat ini tengah berlomba untuk membangun gudang senjata dunia yang paling tangguh berupa virus komputer, worm, Trojan horse, dan alat-alat lain untuk terlibat dalam perang cyber antara mereka, dan dengan negara-negara kurang maju.

Baca juga: Wow, Iran Pamerkan Jet Tempur Futuristik "Qaher 313" dan Besok, Iran Pamerkan Jet-jet Tempur Generasi Terbaru

Scott Borg, CEO of US Cyber Consequences Unit and an advisor to the US government, mengatakan, AS menganggap, baik Rusia dan Cina dua-duanya merupakan ancaman di dunia cyber, Rusia adalah yang terbaik dalam hal spionase dan operasi militer, sementara Cina fokus mencuri teknologi.

“Rusia secara teknis lebih canggih, sementara Cina hanya mempunyai kelebihan banyak orang yang didedikasikan untuk usaha dengan margin lebar. Mereka tidak inovatif dan tidak kreatif seperti AS dan Rusia. Namun Cina memiliki jumlah personil terbesar, tapi tidak berkualitas,” terang Borg.

Analis itu melanjutkan, AS telah mulai menyerang jaringan komputer di negara-negara lain, dengan menggunakan malwares seperti Stuxnet dan Flame untuk menyerang program energi nuklir Iran.

Borg yang bekerjadi di “US-based Mandiant Internet security” menegaskan. “cyberwarriors” pemerintah AS telah berkolaborasi dengan rezim Israel untuk mengganggu program energi nuklir Iran dengan mencoba menginfeksi jaringan komputer negara itu.

“Beberapa pemerintah Eropa, termasuk Jerman, dilaporkan juga terlibat dalam upaya anti-Iran tersebut.

Sementara itu, khusus Iran, negara itu dinilai sedang mengembangkan kemampuan cyber dengan serius. Bahkan satuan cyber army akan menjelma menjadi kekuatan tangguh dan hebat untuk negara-negara maju yang saat ini telah terbukti negara-negara maju sia-sia dalam menanggulangi serangan cyber army Iran. @dkp/it

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Rizal Hasan @lensaindonesia 21 Feb, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/02/21/amerika-terlibat-cyber-dengan-iran-rusia-dan-cina.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment