Thursday, March 14, 2013

Suswono Kembali Dipanggil KPK Terkait Kasus Daging Impor

LENSAINDONESIA.COM: Menteri Pertanian Suswono, sudah hadir di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari Kamis, (14/03/2013) sejak pukul sepuluh. Menteri besutan PKS ini, dengan santai menjawab pertanyaan tentang kasus kuota impor daging sapi yang telah menyandera empat tersangka.

“Jadi, hari ini, saya dimintai kembali keterangan oleh KPK. Ini masih menyangkut saksi untuk 4 tersangka, LHI, AF, terus sipa lagi 2 lagi dari Indoguna. Masih itu,” tutur Suwono yang lupa melapalkan nama-nama tersangka dari PT. Indoguna Utama Kamis, (14/03/2103) di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta.

Baca juga: KPK Proses 6 Kasus Hari Ini dan Waduh, Kapolri Tak Tahu Sistem Pengawasan dan Penggunaan Anggaran!

Dia mengaku pemeriksaan keduan oleh penyidik KPK akan dicecar pertanya apa lagi. “Saya sendiri tidak tau nanti yang dimintai keterangan KPK apa,” elaknya.

Namun, dia berjanji akan memberikan keterangan setelah selesai menjalani pemeriksaan.

“Jadi nanti setelah selesai lah ya,” janjinya yang langsung masuk ke ruang tunggu kantor KPK.

Kepala Informasi dan Pemberitaan KPK, Priharsa Nugraha, membenarkan pemanggilan Suswono. Priharsa mengatakan bahwa Suswono akan dimintai keterangan dengan kapasitasnya sebagai saksi untuk empat tersangka.

“Iya untuk empat tersangka kasus ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Penyidik KPK telah memeriksa Suswono pada hari Senin (18/2/2013) dalam kasus yang sama. Usai diperiksa, politisi PKS itu mengklaim jika dirinya telah menjelaskan secara gamblang kepada penyidik, terkait kasus yang menyeret mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan.

"Tentu saja karena sebagai saksi saya harus menyampaikan keterangan. Saya sudah sampaikan apa adanya, apa yang ditanyakan oleh penyidik," kata Suswono saat pemeriksaan pertamanya 18 Feruari lalu.

Dikatakan Juru Bicara KPK, Johan Budi, pemanggilan terhadap Suswono ini merupakan kebutuhan tim penyidik KPK untuk melihat kasus ini secara utuh. KPK mendapatkan temuan dari sejumlah saksi dan tersangka atau barang bukti lainnya yang mengharuskannya untuk memanggil kembali Mentan Suswono.

"Dari keterangan beberapa saksi atau tersangka, penyidik memerlukan keterangan kembali dari pak Menteri Pertanian," tandas Johan, Senin (11/03/2013).

Dari kronoligis di lapangan, Suswono disebut-sebut pernah melakukan pertemuan di Medan dengan Luthfi Hasan Ishaaq dan beberapa orang lain untuk membahas mahalnya
harga daging sapi. Situasi ini dipicu isu peredaran daging tikus dan babi. Pasca diperiksa KPK selama 7 jam awal Februari lalu, Suswono mengakui pertemuan tersebut memang ada, tetapi ia tak merinci siapa saja yang hadir.

“Iya betul itu (ada pertemuan di Medan),” kata Suswono di KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (18/2/2013) malam.@aligarut1

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andrian Pratama @lensaindonesia 14 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/14/suswono-kembali-dipanggil-kpk-terkait-kasus-daging-impor.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment