Saturday, February 16, 2013

Bahasa Verbal Ibu Berpengaruh Terhadap Stimulan Otak Anak

LENSAINDONESIA.COM: Belajar dan mendidik bayi itu sejatinya dilakukan sepanjang umur. Sosok orang tua sangat penting dalam menentukan tumbuh kembangnya si buah hati.

Pada dasarnya, bayi lebih cenderung melakukan gerakan sebagai alasan berinteraksi kepada orang tuanya. Menurut Staff Pengajar Departemen Neurologi FKUI/RSCM, Adre Mayza, bahasa verbal sangat diutamakan saat mengawal tumbuh kembangnya bayi hingga dapat berbicara.

Baca juga: Konsolidasi Nasional Mahasiswa Indonesia Resmi Dibuka dan Bekas Jenderal Argentina Pencuri Bayi Kini Dipenjara

“Ibu memiliki kemampuan verbal yg lebih baik dari laki-laki. Ibu sejatinya dilahirkan utk mendidik anak dan masyarakat. Keaktifan orang tua khususnya ibu sangat berpengaruh terhadap stimulan anak. Olehnya disarankan jangan keseringan nge-mall karena anak cenderung banyak diam. Beda ketika di pasar tradisional, sang Ibu justru lebih sering berinteraksi soal tawar menawar harga sembako misalnya,” kata dr Adre di tengah Seminar Awam: Pentingnya Stimulasi dan Belajar Ramah Otak Untuk Optimalisasi Kecerdasan Anak yang didukung LensaIndonesia.Com, Sabtu (16/2/2013) pagi WIB.

Pengasuhan si buah hati oleh orang tua khususnya ibu merupakan modal yang sangat besar. Sebab, 17,9 persen anak di Indonesia bermasalah tentang gizi, bahkan 60 persen terjadi anemia pada ibu hamil.

Jika sejak dini tidak diantisipasi oleh ibu di Indonesia, gangguan perkembangan bayi di Indonesia diprediksi akan bertambah. Ia yakin, kelahiran seorang anak sejatinya harus cerdas.

Ditegaskan, memasuki usia emas anak, orang tua harus maksimal mempersiapkan kemampuan optimal untuk menerima pembelajaran. Sebab, pada usia emas ini potensi kecerdasan anak berada pada tingkat optimal. ”Gen tidak membentuk pola pembelajaran, tapi mempresentasikan resiko atau kesempatan untuk meningkatkan potensi kecerdasan yang akan lebih berkembang bila diberikan stimulus yang tepat pada periode yang tepat,” pungkasnya. @Panjichuby_666

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 16 Feb, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/02/16/bahasa-verbal-ibu-berpengaruh-terhadap-stimulan-otak-anak.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment