Saturday, February 16, 2013

Sosok Ayah Sangat Penting Bagi Pertumbuhan Bayi

LENSAINDONESIA.COM: Jika umumnya perkembangan bayi banyak diperankan oleh ibu karena kebutuhan menyusuinya. Namun, justru peran ayah juga sangat penting bagi pertumbuhan si buah hati.

Dokter RS Adi Husada Kapasari Surabaya, Dr Susanto, mengatakan, sosok ayah sangat mempengaruhi intensitas interaksi dan kedekatan dengan si buah hati. Itu bisa dilakukan melalui pijatan ringan kepada bayi setiap hari selama 15 menit sebelum tidur malam.

Baca juga: Konvergensi Antara Telekomunikasi Dengan Dunia Otomotif dan Mead Johnson Yakin Jika ASI Jadi Sumber Gizi Terbaik

“Ikatan emosional antara ayah dengan anak justru semakin kuat. Pijat bayi memiliki efek yang sangat positif bagi si kecil,” ujarnya dalam Seminar Awam Pentingnya Stimulasi dan Belajar Ramah Otak Untuk Optimalisasi Kecerdasan Anak oleh RS Adi Husada Kapasan Surabaya yang didukung LensaIndonesia.Com, Sabtu (16/2/2013) pagi WIB.

Menurut Susanto,  hal itu sudah dibuktikan melalui penelitian ilmiah melalui Amerika Serikat pada tahun 2010 di India. Menurutnya, selain melalui audio dan visual, pemberian stimulasi terhadap perkembangan bayi juga dapat dilakukan dengan cara pijat.

Sebab, pijat bayi bakal turunkan hormon stres hingga mengurangi tangisan pada bayi. Selain itu sejak dalam kandungan, sebaiknya ibu juga aktif memberikan stimulasi melalui pijat sentuh sejak dalam kandungan.

Menurutnya, belakangan ini sudah banyak tawaran nutrisi yang terbaik untuk memberikan stimulus kepada bayi. Namun, itu semua tidak jauh dari aktivitas orang tua menjaga bayi sejak dalam kandungan. Khususnya pada masa periode emas sang bayi. Pada masa ini, potensi otak akan tumbuh berkembang serta kecerdasan. “Tak lupa asupan nutrisi yang cukup dan sesuai bagi bayi sejak dalam kandungan harus sudah di stimulan,” jelasnya panjang lebar. @Panjichuby_666

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 16 Feb, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/02/16/sosok-ayah-sangat-penting-bagi-pertumbuhan-bayi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment