Friday, April 5, 2013

Dispendukcapil buka pengecekan KTP di Bank Jatim

LENSAINDONESIA.COM: Maraknya temuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu maupun KTP ganda langsung diantisipasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya. Yakni dengan membuka stan verifikasi data KTP dan e-KTP di Bank Jatim cabang Basuki Rahmat.

Kadispendukcapil Suharto Wardoyo mengatakan, stan tersebut sudah dibuka sejak 4 April 2013. Operasinya pada jam kerja dan akan berlangsung seterusnya sampai waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: Gelap mata, pengangguran gadaikan motor milik tetangga dan Surabaya terus berbenah jelang jadi tuan rumah APEC

Dia melanjutkan, tujuan stan verifikasi KTP ini adalah untuk mencegah penggunaan KTP palsu untuk keperluan transaksi bank. Misalnya, untuk membuka rekening, pengambilan uang, atau pengajuan kredit bank.

"Upaya ini bisa memberi kemudahan bagi pihak bank untuk mengecek apakah KTP tersebut memiliki keabsahan yang valid," katanya.

Menurut Suharto, validasi KTP sangat penting lantaran menyangkut uang nasabah. Pria yang akrab disapa Anang ini juga menyatakan, hal itu dapat menghindari terjadinya tindak pidana pencucian uang serta sebagai bentuk antisipasi tindak kejahatan lainnya.

Proses validasi KTP terbilang cukup mudah dan sederhana. Karyawan bank akan membawa KTP nasabah/calon nasabah ke stan verifikasi KTP yang letaknya berada di dekat pintu masuk.

Di sana, Dispendukcapil telah menugaskan dua pegawai yang siap mengecek keabsahan KTP melalui nomor induk kependudukan (NIK)-nya. Jika NIK tidak terdaftar di database Dispenducapil, maka bank tidak akan melayani.

"Pengecekan data KTP sangat perlu dilakukan, apalagi e-KTP sekarang tidak ada tanda tangan dari pejabat, sehingga sering diragukan keabsahannya," imbuhnya.

Sejak pertama dibuka di Bank Jatim hingga sekarang, masih belum ada temuan adanya KTP palsu. Namun, kata Anang, KTP palsu justru banyak teridentifikasi di kantor Dispenducapil. Untuk itu, ia menghimbau warga agar memiliki satu KTP saja, dengan kata lain tidak ber-KTP ganda.

Mantan Kabag Hukum Pemkot Surabaya ini menambahkan, selain untuk mengecek keaslian KTP, stan verifikasi KTP juga bisa dimanfaatkan warga untuk melakukan perekaman data e-KTP. Ke depan, tak menutup kemungkinan verifikasi KTP juga dibuka di bank-bank lain.@iwan_christiono

 

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 05 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/05/dispendukcapil-buka-pengecekan-ktp-di-bank-jatim.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment