Friday, April 5, 2013

Wow! Bupati dan Wabup Sumenep bergelut dengan lumpur Kali Marengan

LENSAINDONESIA.COM: Suasana Kali Marengan di Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura pagi tadi berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Penyebabnya, Bupati Sumenep Busyro Kariem beserta Wakilnya  Soengkono Sidik terjun langsung kerja bakti membersihkan sungai itu.

Bahkan, dua pemimpin Sumenep ini tidak segan bergelut dengan lumpur sungai untuk membersihkan sampah yang tingginya mencapai paha orang dewasa.

Baca juga: Pawai Seribu Obor, Motor Peserta Hangus Terbakar dan Sebagian Warga Sumenep Lebaran Hari ini

Melihat bupati dan wabupnya yang pakaiannya sudah belepotan lumpur, para pejabat yang lain pun akhirnta ikut turun ke dalam sungai.

Aksi yang baru pertamakali di lakukan oleh bupati Sumenep ini, kontan mengundang perhatian warga yang sedang melintas.

Selama ini, kondisi Kali Marengan memang sering dikeluhkan warga sekitar. Selain sangat kotor dan memperihatinkan, ketika hujan deras dan laut pasang, air sungai ini meluap hingga menggenangi rumah warga yang tinggal di sekitarnya.

Bupati Busyro mengatakan, aksi bersih-bersih ini dalam rangka menyambut hari kesehatan sedunia tanggal 7 april mendatang. “Saya ingin memberikan contoh bagi warga supaya gemar melakukan gotong royong membersihkan lingkungan yang kotor,” ujarnya.

Kegiatan bersih-bersih ini direncanakan akan menjadi agenda rutin setiap hari jum'at untuk melakukan bersih-bersih lingkungan bersama seluruh pegawai negeri sipil yang ada di Kabupaten Sumenep.

Atmo (45), warga Desa Marengan Laok, Kecamatan Kalianget yang kebetulan melintas di lokasi itu mengatakan, selama ini Kali Marengan memang tidak pernah dibersihkan, sehingga penuh sampah dan sangat kotor.

“Apalagi warga memang kurang peduli terhadap keberadaan kali Marengan. Banyak warga yang membuang sampah di situ. Bahkan yang lebih memperihatinkan, warga dengan seenaknya membuat jamban di atas sungai, sehingga sampah banyak tersangkur dan menyumbat aliran air,”ungkapnya.

Atmo bersykur karena bupatinya mau langsung turun tangan sendiri untuk membersihkan kali itu. Menurutnya, aksi bupati itu akan menjadi contoh bagi warga sekitar.@rahmatullah

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Mohammad Ridwan @lensaindonesia 05 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/05/wow-bupati-dan-wabup-sumenep-bergelut-dengan-lumpur-kali-marengan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment