Saturday, April 6, 2013

Ketum IKADIN: Beberapa fraksi DPR RI dukung tolak RUU advokat

LENSAINDONESIA.COM: Ketua Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Otto Hasibuan mengaku telah mendapat dukungan dari beberapa partai politik untuk menggagalkan adanya Revisi Undang-Undang Advokat yang kini tengah dibahas di DPR RI.

“Kita sadar ini (RUU Advokat) bukan hanya menyangkut permasalahan hukum dan politis, maka itu kita dekati parpol-parpol yang tidak mengerti masalah yang muncul pada hukum jika RUU itu disahkan, kita sudah bertemu dengan beberapa parpol untuk menjelaskan,” kata Otto usai Munas IKADIN ke 7 di Surabaya (6/4/2013)

Baca juga: Provokator kerusuhan Sampang dituntut dua tahun penjara dan Hakim PN Surabaya kembali loloskan PK buronan

Dikatakan Otto, ada beberapa parpol yang akhirnya ikut mendukung penolakan RUU Advokat. “Kita sudah bertemu fraksi PKS, PDIP, PKB, dan kita juga sudah bertemu dengan petinggi Partai Demokrat dan Golkar, dalam waktu dekat kita akan bertemu dengan PAN,” ujar pria yang juga menjabat Ketum Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) ini.

Diberitakan Lensaindonesia.com sebelumnya, ada hal mendasar yang membuat IKADIN kebratan dengan draf RUU Advokat, diantaranya dapat mengacaukan kualifikasi profesi advokat. Bahkan, jika RUU itu benar disahkan maka provesi Advokat akan sama seperti Banpol (Bantuan Polisi).

“Jika disahkan, RUU itu akan mengatur tentang dibolehkannya organisasi advokat mengangkat advokat dan pada saat bersamaan akan dibentuk organisasi advokat khusus baru. Dibentuknya induk organisasi nanti semua orang bisa membentuk advokat asal berbadan hukum. Ini menurunkan derajat kita sejajar dengan Banpol,” kata Otto.

Selain itu, RUU Advokat tidak memiliki Urgensi yang jelas untuk direvisi oleh DPR, “Kalau Tidak ada urgensinya di bahas oleh DPR, kenapa tidak ditolak aja, Saya berharap Menkumhan sendiri juga ikut menolak,” tandasnya. @ian_lensa

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 06 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/06/ketum-ikadin-beberapa-fraksi-dpr-ri-dukung-tolak-ruu-advokat.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment