Friday, April 5, 2013

Wagub Jatim malah tak tahu ada kasus pupuk Phonska subsidi oplosan

LENSAINDONESIA.COM: Kasus pengoplosan pupuk Phonska subsidi produksi PT. Petrokimia Gresik oleh PT. Nusa Karya di sebuah gudang di Kawasan Industri Gresik (KIG) yang sempat digerebek Polda Jatim pada 22 Januari lalu sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya.

Bahkan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf yang menjabat sebagai Ketua Harian Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KPPP)saat dikonfirmasi LICOM, Jumat (5/4) mengaku tidak tahu ada kasus tersebut.

Baca juga: Kasus Pupuk Oplosan Gresik Buat Aparat Jatim `Keder` dan Petrokimia Gresik Siap Sambut Kedatangan DPR RI

“Waduh saya gak punya data soal pupuk. Saya juga tidak menerima laporan kasus pupuk itu. Tapi kalau memang ada kasus pupuk subsidi yang disalah gunakan oleh pihak lain, saya minta kasus itu diusut tuntas kepolisian,” jelasnya.

Saat diminta penjelasan lebih lanjut, Gus Ipul terkesan mengelak dan malah mengarahkan kepada Asisten II Setda Prov Jatim, Hadi Prasetyo.

Seperti diketahui, lambatnya penanganan kasus pengoplosan pupuk bersubsidi ini juga mendapat perhatian dari beberapa LSM, yakni Serikat Petani Indonesia (SPI) serta Pusat Demokrasi dan Kemanusiaan (Pudak) Gresik. Mereka menyatakan akan mengawal kasus ini hingga dituntaskan.

Pengurus SPI, Basuki Rahmat mengatakan, akan mengawal kasus ini hingga selesai. “Kami dari SPI akan terus mengawal kasus ini. Sebab bisa saja mereka para oknum di pihak produsen dan distributor memalsukan RDKK mengatas namakan gabungan kelompok tani (Gapoktan) dari seluruh wilayah Jawa Timur. Maka Polda Jatim harus menyelesaikan kasus ini dengan segera,” ujarnya saat dihubungi LICOM, Senin (11/3/2013) lalu.

Basuki menyebut dalam kasus ini pihaknya juga mempertanyakan kinerja KPPP baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota. “Kasus kongkalikong pupuk bersubsidi itu bisa terjadi kalau KPPP tidak bekerja dengan maksimal? Itu pertanyaan kami. Harusnya Gubernur juga disalahkan tentang ini. Sebab seluruh ketua KPPP di kabupaten/kota adalah anak buahnya,” pungkasnya. @sarifa

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Khairul Fahmi @lensaindonesia 05 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/05/wagub-jatim-malah-tak-tahu-ada-kasus-pupuk-phonska-subsidi-oplosan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment