Wednesday, March 13, 2013

KPK Panggil Kepala Korlantas

LENSAINDONESIA.COM: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil perwira tinggi Polri (Pati), Inspektur Jendral (Irjen) Pudji Hertanto yang saat ini menjabat Kepala Korlantas, untuk mengembangkan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terkait proyek pengadaan alat Simulator SIM Roda Dua dan Roda Empat.

Priharsa Nugraha, Kepala Informasi dan Pemberitaan KPK mengatakan, Pudji akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka Irjend. Pol. Djoko Susilo (DS).

Baca juga: Abdullah Sindir Dua Wartawan Mangkir, Tidak Pro Pemberantasan Korupsi dan Fadjroel Minta Tersangka Korupsi Tak Berlindung di Balik Tameng Agama

“Dia diperiksa sebagai saksi untuk TPPU DS,” katanya di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, (13/03/2013) .

Pudji sendiri telah tiba di KPK sekitar pukul sepuluh lebih dikit. Dia datang dengan menaiki sedan hitam.

Penyidik KPK menemukan dugaan bahwa Djoko, yang merupakan mantan Kepala Korlantas, telah melakukan tindakan menyamarkan, mengubah bentuk, ataupun menyembunyikan uang hasil korupsi yang dilakukannya dalam proyek tersebut. Dari hasil pengembangan penyidik, sejumlah aset yang diduga milik Djoko telah disita oleh penyidik.

Seperti telah diinformasikan, KPK telah menyita 20 material tak bergerak yang diduga milik DS. Beberapa hari lalu, 3 SPBU milik Djoko yang bertempat di Jl Kapuk Raya Jakarta Utara, Jl Raya Ciawi, Bogor Jawa Barat, dan di Kaliwungu Semarang juga telah diamankan. Baru-baru ini, penyidik KPK telah menyita empat mobil DS, seperti  Toyota Harrier B 8706 UJ, Avanza B 1894 SKG, Nissan Serena B 1571 BG, dan Jeep B 1379 KJ yang diduga milik DS.

DS dijerat dengan Pasal 3 dan atau Pasal 4 UU No 8 Tahun 2010, kemudian Pasal 3 ayat 1 dan atau Pasal 6 UU No. 15 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. Bahkan, finalis Putri Solo 2008, Dipta Anindita, serta seorang perempuan bernama Mahdiana, ikut terseret dalam dugaan pencucian uang dilakukan DS. Menurut sumber di KPK, Dipta dan Mahdiana adalah istri DS. Keduanya pun telah dicegah bepergian ke luar negeri selama enam bulan. @aligarut1

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Rizal Hasan @lensaindonesia 13 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/13/kpk-panggil-kepala-korlantas.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment