Saturday, May 18, 2013

Dishutbun Sumenep siapkan 360 juta bibit tembakau unggulan

LENSAINDONESIA.COM: Memasuki musim tanam, Dinas Perhutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Sumenep, Madura melakukan pembibitan tembakau yang diakui berkualitas baik.

Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dishutbun Sumenep, Nasah Bandi, mengatakan, roses pembibitan disebar ke 60 lokasi di semua kecamatan.

Baca juga: Petani di Sumenep trauma tanam tembakau dan Pasca panen padi, petani Sumenep resahkan hujan dan mendung

“Sudah kami siapkan bibit unggulan tahun ini. Jumlah bibit yang disediakan berjumlah 360 juta pohon. Bibit sebanyak itu jika sudah ditanam diperkirakan akan menghabiskan lahan seluas 12 ribu hektare,” ujarnya, Sabtu (18/05/2013).

Nasah Bandi merinci, lokasi penyebaran pembibitan tersebut di antaranya di Kecamatan Bluto ada 4 lokasi, Kecamatan Pasongsongan 8 lokasi, Rubaru 4 lokasi, Pragaan 3 lokasi, Kecamatan Guluk-guluk 10 lokasi, Ganding sebanyak 7 lokasi, Gapura ada 2 lokasi, Manding 3 lokasi, Saronggi 3 lokasi, Lenteng 6 lokasi, Kecamatan Ambunten 3 lokasi, Batuan 1 lokasi, Kecamatan Batang Batang 2 lokasi, Dasuk 1 lokasi, Batu Putih 2 lokasi, dan di Kecamatan Dungkek 1 lokasi. “Di tiap titik lokasi itu berjumlah 6 juta bibit,” jelasnya.

Menurut Nasah, jika warga sudah mau melakukan penanaman tembakau, bibit tembakau itu bisa didapat tanpa biaya sepeserpun alias gratis. “Masyarakat langsung bisa menemui UPT yang tersebar di semua kecamatan untuk mendapatkan bibit itu dengan cuma-cuma, tentu melalui kelompok tani yang ada,” jelas Nasah Bandi.

Selain itu, menurutnya, Dishutbun juga melakukan bimbingan teknis kepada petani bagaimana cara menanam dan merawat tembakau. Sehingga diharapkan kualitas tembakau petani benar-benar bagus.

Oleh karena itu, dia yakin petani tahun ini tidak akan mengalami kerugian. "Karena kualitas bibit yang ditanam memang selaras dengan yang diinginkan pihak pabrikan," pungkasnya.@rhahmatullah

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 18 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/18/dishutbun-sumenep-siapkan-360-juta-bibit-tembakau-unggulan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment