Saturday, May 18, 2013

Wow! Kelebihan vitamin C dan E tingkatkan resiko mata rusak, loh!

LENSAINDONESIA.COM: Setiap orang memerlukan vitamin. Kekurangan vitamin tertentu dapat membuat orang sakit. Namun, ternyata, kelebihan vitamin juga bisa membuat orang sakit. Loh?

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para pakar dari Stockholm, Swedia, seseorang yang mengonsumsi vitamin E berlebihan dapat memicu risiko penyakit Katarak. di sisi lain, kelebihan vitamin C dapat meningkatkan risiko kebutaan hingga 20% apabila dikonsumsi berlebihan.

Kesimpulan ini diperoleh setelah para ahli Swedia melakukan penelitian dengan melibatkan 31.000 responden yang biasa mengkonsumsi vitamin C dan E. Hasil studi dari Institut Karolinska itu menunjukkan bahwa hampir 3.000 dari seluruh responden yang berusia 45-79 tahun itu membutuhkan perawatan khusus di mata.

Hingga saat ini, suplemen vitamin C dan E diyakini mampu melindungi mata dari katarak dan kebutaan karena kaya akan antioksidan. Ternyata, jika dikonsumsi secara berlebihan, keseimbangan protein dalam mata justru menjadi terganggu dan menyebabkan penyakit.

Dalam penelitian itu juga ditemukan batas kadar vitamin dalam tubuh manusia. Ternyata, tubuh manusia tidak bisa memproduksi atau menyimpan vitamin C sebanyak 40 miligram per hari. Kegunaan vitamin ini adalah untuk menjaga sel-sel sehat dan mempercepat penyembuhan.

Para peneliti juga menyarankan agar masyarakat memantau konsumsi vitamin mereka agar tak berlebihan. Jangan biarkan tablet (vitamin) tersebut mengandung lebih dari kebutuhan harian yang disarankan para ahli.

Jadi, masih mau minum suplemen vitamin berlebihan? @andrian

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andrian Pratama @lensaindonesia 18 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/18/wow-kelebihan-vitamin-c-dan-e-tingkatkan-resiko-mata-rusak-loh.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment