Friday, May 17, 2013

Harga BBM naik, dampaknya langsung ke industri makanan, Bro!

LENSAINDONESIA.COM: Himpunan Pengusahan Pribumi Indonesia (HIPPI) menilai, rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh Pemerintah akan berdampak terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). industri makanan, bahkan diprediksi merupakan sektor yang paling terpengaruh oleh kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Bendahara HIPPI DKI Jakarta Angelina Yuri ch kepada LICOM mengakui, akibat kenaikan BBM ada beberapa sektor UMKM yang akan terkena dampak kenaikan BBM. Biaya produksi diperkirakan bisa bertambah sekitar 15 hingga 20 persen. Dampak lanjutannya, harga makanan pun ikut naik karena di dalamnya termasuk ongkos delivery (antar) yang ikut terpengaruh.

Baca juga: Globalisasi tak terelakkan, pemerintah harus perhatikan pelaku UMKM dan Awas! Isu kenaikan harga BBM dipakai 'mainkan' harga sembako

“Jasa transportasi akan jadi sektor UMKM kedua yang terkena dampak kenaikan BBM,” ujar Angelina, Jumat (17/05/13).

Dia menegaskan, bahan bakar merupakan komponen utama dalam biaya produksi sektor tersebut. Diperkirakan, dampak kenaikan harga sekitar 30 sampai 40 persen terhadap biaya produksi. UMKM yang memiliki modal pas-pasan kemungkinan akan mengalami gangguan dalam proses produksi.

Tak hanya itu, kebangkrutan pun juga akan ikut mengancam. Bahkan adanya gangguan dalam proses produksi atau ancaman kebangkrutan akan dapat mengakibatkan terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara besar-besaran. Hal ini akhirnya bisa menimbulkan masalah sosial lain yang jauh lebih kompleks.

“Kalau secara otomatis akan merugi, karena biaya produksi meningkat harga jual meningkat, namun daya beli masyarakat belum tentu ada atau sanggup dengan kenaikan harga,” jelasnya.

Sebenarnya kebijakan penaikan harga BBM bisa dipahami, namun menurut Angelina, pemerintah terlalu lama mengambil keputusan.Itu berefek pada pasar yang mengakibatkan beberapa barang kebutuhan pokok sudah naik walaupun kenaikan BBM baru sebatas isu.

“Adanya penimbunan solar, harga bawang naik, daging naik, telor naik dan sebagainya,” ungkapnya.

Pemerintah harus tegas dan cepat memutuskan suatu kebijakan yang berdampak kepada publik. Sehingga tidak terjadi ketidakpastian harga pasar akibat isu kenaikan yang tidak jelas.@aguslensa

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Khairul Fahmi @lensaindonesia 17 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/17/harga-bbm-naik-dampaknya-langsung-ke-industri-makanan-bro.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment