Friday, May 17, 2013

Kelangkaan LPG 3 Kg di Surabaya diduga disebabkan ulah nakal para agen

LENSAINDONESIA.COM: Kelangkaan LPG 3 Kg, yang membuat resah masyarakat Surabaya dan sekitarnya, ternyata disebabkan ulah oknum dealer atau agen `nakal`. Diduga mereka sengaja menunda pengiriman ke para pengecer dengan maksud terjadi kelangkaan dan berimbas pada naiknya harga.

Padahal, Surat Keputusan (SK) tahun lalu dari DPC Hiswana Migas per tanggal 10/5/2012 menyatakan agar menyamakan harga LPG 3 Kg dengan harga jual Rp 11.850 sesuai hasil rapat para Agen LPG 3 Kg Rayon 1 (Surabaya-Sidoarjo).

Baca juga: Evi: Stok aman, penyaluran BBM lancar dan Terapkan dualisme harga BBM, pemerintah mesti siapkan aturan khusus

Agus (35) selaku pemilik pangkalan LPG 3 Kg, memaparkan bahwa dirinya mengalami kesulitan mendapatkan barang. Dalam sebulan, Agus biasanya bisa mendapatkan stok LPG 3 Kg sebanyak 10.000 tabung per bulan. Namun beberapa bulan ini, dia hanya mampu mendapatkan 6.000 hingga 6.500 tabung.

Diduga pengurangan kiriman ini dilakukan para agen-agen LPG yang bermain curang hingga berdampak pada penjual dan pembeli LPG 3 Kg. “Kini saya menjual LPG 3 kg eceran seharga Rp 16 ribu karena dealer juga menaikkan harga partai Rp 15 ribu-R p16 ribu. Padahal harga normalnya cuma Rp 13.500 rupiah,” terang Agus.

Agus juga mengaku merasa serba salah menghadapi masalah ini. Dirinya mengaku diimbau oleh para agen untuk menaikkan harga LPG 3 Kg. “Yaa.. Kalau gini kita para pemilik pangkalan serba salah mas,” paparnya pada LICOM saat ditemui di pangkalannya kawasan Jl Jagir Wonokromo, Jumat(17/5/2013).

Dikonfirmasi terpisah, pihak Pertamina menegaskan kalau distribusi LPG 3 kg aman-aman saja. “Kalau masalah kelangkaan LPG 3 Kg itu hanya isu saja. Kalau ada masalah seperti itu pasti kami akan menanganinya,” ujar Hesti selaku Humas.

Sekedar diketahui, LICOM sudah melakukan survey di sejumlah kasan Surabaya menanggapi isu kenaikan harga LPG 3 Kg. Yang tadinya harga pertabungnya sekitar Rp 13 ribu-Rp 14 ribu naik menjadi Rp 16.000. Bahkan ada sejumlah pengecer yang menjual LPG 3 Kg dengan harga Rp 17.000 dengan alasan minimnya stok akibat telatnya pengiriman. @Dony

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Joko Irianto @lensaindonesia 17 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/17/kelangkaan-lpg-3-kg-di-surabaya-diduga-disebabkan-ulah-nakal-para-agen.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment