Friday, May 17, 2013

Korut masih simpan 200 peluncur rudal

LENSAINDONESIA.COM: Korea Utara diduga kuat masih menyimpan 200 peluncur rudal. Jumlah tersebut diperkirakan dua kali jumlah yang sebelumnya dilaporkan oleh otoritas Korea Selatan.

Institut Korea untuk Analisis Pertahanan (KIDA) mengatakan bahwa sesuai dengan laporan yang disampaikan kepada Kongres AS oleh Pentagon, Korea Utara (Korut) mungkin telah mengumpulkan hingga 200 peluncur yang disebut peluncur transporter erector (TEL). Termasuk sampai dengan 100 untuk rudal Scud jarak pendek, 50 untuk rudal Nodong jarak menengah dan 50 rudal Musudan jarak jauh, tulis kantor berita Yonhap.

Baca juga: Korea Utara tarik dua rudal dari pesisir dan Korsel desak Korut normalkan Kaesong Industrial Complex

Sebelumnya, Seoul memperkirakan bahwa negara komunis itu, yang dikenal secara resmi sebagai Republik Demokrasi Rakyat Korea (DPRK), memiliki tidak lebih dari 94 peluncur mobile.

”Laporan AS menunjukkan bahwa Korea Utara bertekad memperluas program rudalnya meskipun kesulitan ekonomi berlanjut. Hal ini terutama difokuskan pada daerah-daerah tertentu yang asimetris sehingga menimbulkan ancaman bagi Korea Selatan dan pasukan AS yang ditempatkan di Selatan,” tulis peneliti KIDA Kim Sung-Kurl seperti dikutip oleh Yonhap.

Ketegangan telah meningkat tajam di Semenanjung Korea sejak Desember, ketika Korea Utara menguji dua rudal jarak jauh Taepodong, diikuti pada Februari 2013 dengan tes ketiga nuklirnya. (rez)

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 17 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/17/korut-masih-simpan-200-peluncur-rudal.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment