Friday, May 17, 2013

Ratusan warga di Ponorogo demo tolak hasil Pilkades

LENSAINDONESIA.COM: Ratusan warga Desa Ngloning, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, yang menhjadi pendukung calon kepala desa (Cakades) nomer urut  1  Wiyono,  menggelar unjuk rasa di kantor camat, Jumat (17/05/2013).

Mereka menolak menolak hasil Pilkades yang dilaksanakan pada Rabu (15/05/2013) lalu itu dianggap berjalan tidak adil.

Baca juga: Pria diduga pelaku money politic Pilkades diamankan warga

“Bukannya kami tidak mau mengakui kekalahan, tetapi kami menuntut pertanggungjawaban panitia Pilkades Desa Ngloning yang tidak profesional sehingga terjadi beberapa pelanggaran yang merugikan calon kami. Kami menuntut diadakan pilkades ulang,” tegas Saifudin, koordinator aksi.

Warga datang menggunakan beberapa mobil pick up terbuka bersama ratusan sepeda motor mendapat pengawalan ketat petugas dari Polsek Slahung.

Di halam kantor kecamatan, warga secara bergantian melakukan orasi. Beberapa saat kemudian, pendemo diterima Panwascam serta Muspika Slahung yang dipimpin Camat Slahung Bambang Nurcahyo di pendopo kecamatan.

Dalam dialog tersebut, warga bersikeras menolak hasil Pilkades. Perwakilan warga juga mengatakan, bahwa pihaknya juga menemukan kecurangan panitia Pilkades Ngloning karena ada seorang warga yang diberi dua kartu suara saat coblosan. “Jelas ini merupakan pelanggaran berat,” tambahnya.

Sementara pihak Panwascam Pilkades mengaku hanya menerima pengaduan secara resmi dan tertulis hingga Kamis malam, pukul 24.00 WIB.

Menggapi peryataan anggota Panwascam, warga tetap mengancam akan terus melakukan unjuk rasa hingga tuntutannya dipenuhi. “Seandainya Kades tetap dilantik, kami sebagai warga tetap tidak akan mengakuinya sebagai seorang Pejabat Kepala Desa Ngloning,” teriak Herman, pengunjuk rasa yang lain.

Sementara Camat Slahung, Bambang Nurcahyo memberikan penjelasan terkait peraturan dalam Pilkades serta akan menampung setiap pengaduan tertulis dari warga Desa Ngloning terkait pelaksanaan Pilkades Ngloning.

“Asal ada laporan keberatan secara tertulis, kami siap menindaklanjuti,” ucap  Bambang.

Dalam Pilkades yang digelar di Balai Desa Ngloning, Rabu kemarin tersebut, total suara sah dua calon Kades sebanyak 736 suara.

Dengan rincian, Cakades nomor urut 1 Wiyono mendapatkan 333 suara, Cakades nomor urut 2 Efendy Setyo Rudi Asmoro mendapat 396 suara serta sebanyak 7 kertas suara dinyatakan rusak.@arso

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Khairul Fahmi @lensaindonesia 17 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/17/ratusan-warga-di-ponorogo-demo-tolak-hasil-pilkades.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment