Monday, May 13, 2013

Bupati promosikan Banyuwangi lewat kejuaraan surfing

LENSAINDONESIA.COM: Untuk mempromosikan Kabupaten Banyuwangi, Bupati Azwar Anas bakal mengadakan kejuaraan Surfing bertitel Banyuwangi International Surf Competition 2013, yang rencananya akan digelar 24-25 Mei di Pulau Merah.

Kejuaraan melanjutkan promosi mereka di kancah internasional, setelah sebelumnya sukses menggelar kejuaraan sepeda balap Tour de Ijen. Rencananya, sekitar 25 surfer dari 18 negara akan berpartisipasi di tingkat internasional. Masing-masing dari Australia, Amerika Serikat, Selandia Baru, Singapura, Malaysia, Jerman, Italia, Swedia, Brazil, Portugal, Perancis, Austria, Belanda dan Afrika Selatan.

Baca juga: Menkominfo Resmikan Banyuwangi Digital Society dan Mantan Bupati Banyuwangi Ditegur Hakim dalam Sidang

Sedangkan di tingkat nasional, tercatat 100 peserta sudah mendaftarkan diri memperebutkan hadiah Rp 50 juta. Jumlah ini kemungkinan bertambah karena pendaftaran peserta akan dibuka hingga H-7 pelaksanaan, atau tepatnya 17 Mei 2013.

Menurut Bupati Banyuwangi, Azwar Anas, kompetisi surfing ini digelar untuk mempromosikan Pulau Merah sebagai salah satu wisata andalan Banyuwangi. Pantai Pulau Merah dikampanyekan sebagai titik surfing baru bagi para peselancar, selain Pantai Plengkung (G-Land). “Dengan adanya promosi internasional surfing ini, kedepan Pulau Merah menjadi salah satu tempat surfing dunia,” harap Anas.

Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung, Pesanggrahan. Pulau Merah memiliki pemandangan alam yang bagus dengan hamparan pasir putih yang indah. Di pantai ini, ada tiga spot ombak dengan tinggi gelombang mencapai 3-5 meter. Anas bahkan menyebut pemandangan di Pulau Merah mirip dengan salah satu pantai di Thailand. “Sama-sama pasirnya putih dengan Kuta. Tapi keistimewaannya ada-gunung-gunung di sekitar pantai, seperti di Thailand,” ungkap Anas.

Yang menarik, Pemkab Banyuwangi telah menyiapkan 20 rumah penduduk sebagai tempat penginapan para peserta. Hal ini dilakukan untuk penerapan eco-tourism. “Kami merancang rumah penduduk untuk menjadi home stay. Nanti akan kita lengkapi wi-fi. Sehingga meski di desa, tapi akses internetnya tetap ada,” jelas Anas.

Kompetisi surfing hasil kerjasama antara Pemkab Banyuwanyi dengan Blue Fin Surfing Factory ini rencananya dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo. @angga_perkasa

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 13 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/13/bupati-promosikan-banyuwangi-lewat-kejuaraan-surfing.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment