Sunday, May 12, 2013

BNP2TKI: TKI harus jadi orang sukses

LENSAINDONESIA.COM: Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) memastikan TKI berperan kuat dalam membangun negeri sehingga mereka harus berhasil selama bekerja. Diharpkan setelah kembali ke tanah air, meraka menjadi orang sukses.

“Mereka tidak hanya mengatasi keterbatasan perekonomian keluarga lantaran keterbatasan peluang kerja di dalam negeri tetapi juga bisa mengatasi pengangguran dan kemiskinan,” kata Direktur Sosialisasi dan Kelembagaan BNP2TKI Rohyati Sarosa pada sosialisasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (11/05/2013).

Baca juga: BNP2TKI Imbau calon TKI menempuh prosedur resmi dan Susun Perda TKI, DPRD Jawa Barat belajar ke NTB

Sosialisasi yang berlangsung di Lapangan Kecamatan Kalipare, dihadiri ribuan warga, termasuk Staf Ahli Bupati Malang Eko Siswanto dan pejabat setempat.

Sosialisasi menarik perhatian masyarakat setempat karena dikemas melalui pementasan wayang kulit kontemporer “Sumantri Mencari Kerja” dengan dalang Ki Cahyo Kuntadi, musik Ki Ageng Ganjur, dan tari-tarian, serta dialog mengenai penempatan dan perlindungan TKI.

Sosialisasi tersebut bertema “Bersama TKI Membangun Negeri” dan akan berlangsung tiap akhir pekan selama beberapa pekan ke depan di 13 kabupaten di lima provinsi yang diawali di Kabupaten Banyuwangi, Jatim pada Jumat (10/5) hingga Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Rohyati menyatakan bahwa satu orang TKI yang berangkat bekerja di luar negeri berarti satu angka pengangguran teratasi dan lima orang terentas dari masalah kemiskinan karena satu orang TKI menanggung rata-rata empat anggota keluarganya.

BNP2TKI mencatat terdapat sekitar enam juta orang yang bekerja di 143 negara dan berarti keberadaan mereka berarti enam juta orang terbebas dari pengangguran dan 30 juta orang teratasi dari ancaman kemiskinan.

“Belum lagi dari remitansi atau kiriman uang TKI ke keluarga mereka dapat menggerakkan roda perekonomian keluarga,” katanya.

Untuk itu, katanya, BNP2TKI sangat berkepentingan TKI yang bekerja di luar negeri dapat berhasil dan saat kembali ke Tanah Air dapat mengelola penghasilannya dalam berbagai bidang usaha produktif sehingga dapat memberdayakan masyarakat dan membuka lapangan kerja di dalam negeri.

Agar TKI berhasil, katanya, wajib menempuh prosedur resmi dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai.

“Inilah yang terus menerus disosialisasikan oleh BNP2TKI karena sosialisasi program kerja dan kebijakan, sangat besar manfaatnya dan menjadi sarana efektid untuk berdialog dengan masyarakat,” katanya.

Eko Siswanto yang menyampaikan pidato tertulis Bupati Malang Rendra Kresna menyambut baik sosialisasi itu karena memberikan sisi komunikasi informasi dan edukasi menyangkut program penempatan dan perlindungan TKI di luar negeri.@ridwan_licom/ant

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Mohammad Ridwan @lensaindonesia 11 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/11/bnp2tki-tki-harus-jadi-orang-sukses.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment