Wednesday, April 17, 2013

2017 Puspa Agro target beroperasi

LENSAINDONESIA.COM: Dirut Jatim Graha Utama (JGU), Erlangga Satriagung, menegaskan, belum maksimalnya pengelolaan Puspa Agro lantaran visi utama dari pasar induk hortikultura tersebut baru berjalan tahun 2013 ini yakni pengembangan dan pemanfaatan jaringan.

Dijelaskan, dalam pembangunan puspa agro yang dianggarkan Rp 600 miliar ini terbagi menjadi tiga kelompok investasi, yakni fisik bangunan, jaringan, dan pengelolaan kawasan. Untuk pembangunan fisik sejak tahun 2009-2012 akhir sudah terealisasi dan tinggal memperbaik beberapa prasarana yang masih terkendala saja.

Baca juga: Polsek Tuban 'bekuk' pengedar 1.345 karnopen dan Pengedar Sabu-sabu terjaring razia

“Tahun ini merupakan tahapan jaringan dimulai pada 2013-2018 awal dengan membangun jaringan pedagang hortikultura se-Indonesia. Dibangunnya 24 Kantor Perwakilan Dagang (KPD) Jatim tiap provinsi di Indonesia cukup membantu petani dan gapoktan untuk kembangkan jaringan pasar. Artinya visi utama baru jalan di tahun ini,” papar Erlangga dalam Dialog Publik Masa Depan Puspa Agro, Kapan Petani Jatim Sejahtera, di DPRD Jatim, Rabu (17/4/2013).

Sementara, target utama operasional secara menyeluruh dari Puspa Agro sendiri yakni di akhir tahun 2017. Dengan tujuan, pungkas Erlangga, pada tahun 2025 Jatim memiliki agro terbesar di Indonesia bahkan dunia.

“Pada tahap III yaknii 2018 optimis jadi pusat distribusi produk agro seluruh nusantara. 1-2 bulan kedepan karantina memprioritaskan produk agro kita,” sambungnya.

Ia pun mengaku optimis kedepan transaksi pedagang ritel di kawasan Puspa Agro makin kecil, sebab, sejak awal konsep yang dibuat adalah pasar induk bidang hortikultura. Dalam konsep pembangunan ini misinya menyangkut persoalan hulu yaitu mensejahterakan petani, bukan memenuhi kebutuhan market atau konsumen.

“Dalam konsep pembangunan Puspa Agro tersebut, Ia menegaskan tidak dibuat untuk pedagang ritel,” pungkasnya. @Panjichuby_666

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 17 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/17/2017-puspa-agro-target-beroperasi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment